Anak Masih Tidur Bersama Orang Tua, Haruskah Dibiarkan?

Anak Masih Tidur Bersama Orang Tua, Haruskah Dibiarkan?

Oleh: Mutoharun Jinan (Pakar Parenting asal Surabaya)

Tidur bersama orang tua bagi seorang bayi tentu hal yang wajar, karena dia masih membutuhkan rasa aman dan nyaman bersama orang tua. Namun rasa aman dan nyaman yang awalnya sangat dibutuhkan oleh anak dapat menjadi sesuatu yang kurang bermanfaat bahkan berdampak kurang baik jika anak masih tidur bersama orang tua saat melampaui usianya.

Sebagaimana menyusui anak, tentu sangat bermanfaat bagi bayi pada usia 0-2 tahun, tetapi setelah itu justru menjadi mudarat bagi perkembangan kepribadiannya. Banyak anak yang terhambat kepribadian mereka salah satu penyebabnya karena anak masih tidur bersama orang tua.

Banyak anak mengalami masalah pada keberanian, kemandirian, dan sulit mengelola stresnya, salah satu pemicunya adalah masih tidur bersama orang tua di usia yang seharusnya mereka tidak baik tidur lagi bersama orang tua.

Dengan mengajari anak tidur terpisah dengan orang tua maka anak belajar :

Pertama, hidup berani. Yaitu berani hidup sendiri walaupun masih dalam rentang waktu terbatas. Selama ini mereka dari bangun tidur hingga akan tidur selalu dalam perhatian dan pendampingan orang tua. Tidur terpisah membuat mereka dipaksa berani untuk berpisah sebentar dengan orang tua.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat