8 Manfaat Kreativitas Bagi Anak

8 Manfaat Kreativitas Bagi Anak

Hadila.co.id – Kreativitas bagi anak sangatlah penting. Ada banyak manfaat kreativitas yang akan diperoleh anak. Anak-anak sebaiknya dibiasakan untuk berkreasi sejak dini. Berkreasi maknanya memberi kesempatan kepada anak untuk melakukan suatu hal yang bermanfaat atau membuat sebuah karya. Hal itu bisa difasilitasi orang tua dengan menyediakan media yang akan merangsang kreativitas anak.

Misalnya membelikan Majalah Cilukba dan Cilukba Junior yang memang di dalamnya ada rubrik yang menuntut anak untuk berkreasi. Di rubrik “Sisipan Kreasi” di Majalah Cilukba Junior yang diperuntukkan bagi anak TK, anak akan diajak berkreasi membuat bus dari kertas karton. Sementara di Majalah Cilukba yang ditujukan untuk anak usia SD, ada rubrik “Kreatif” yang akan mengajak ananda membuat roti jhon yang sehat dan mengeyangkan.

Lantas, apa manfaat kreativitas bagi anak?

Pertama, anak akan lebih produktif. Berkreasi akan menuntut seseorang untuk berpikir dan melakukan suatu hal, sehingga anak akan lebih produktif.

Kedua, mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget. Tak bisa dipungkiri, anak-anak masa kini hidup di era teknologi yang membuat mereka sangat dekat dengan gadget. Padagal gadget ibarat pisau bermata dua. Di satu pihak gadget penting dan sangat membantu banyak hal, tapi jika anak terlalu sering bermain gadget, akan berdampak negatif bagi anak.

Ketiga, manfaat kreativitas lainnya yaitu untuk mengembangkan kecerdasan anak. Berkreasi akan melatih anak untuk berpikir, berimajinasi dan memecahkan suatu hal.

Keempat, kreativitas akan melatih seorang anak untuk memiliki kemampuan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan
dalam menyelesaikan suatu masalah.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat