7 Pilar Pengasuhan Anak di Era Digital Ala Elly Risman (Bagian I)

7 Pilar Pengasuhan Anak di Era Digital Ala Elly Risman (Bagian I)
Elly Risman mengisi seminar parenting yang digelar Al Azhar Syifa Budi, Solo, di Hotel Harris Solo, Sabtu (2/2).

Kewajiban seorang ayah adalah menentukan garis-garis besar haluan keluarga (GBHK). Yaitu menentukan penanggung jawab pengasuhan anak di tangan siapa; menyediakan keuangan, makanan dan pakaian, rumah dan isinya dari sumber rezeki yang halal dan thoyib; menyediakan dan melakukan pendidikan, melatih dan memantau semuanya; menyediakan perawatan diri, harta, dan keluarga.

Ketika seorang ibu harus keluar rumah, misalnya untuk bekerja, kata Elly, suatu keluarga harus memastikan punya support system yang baik. Pastikan juga siapa pengasuh seksualitas anaknya. “Saya tegaskan, nenek tidak didesain untuk mengasuh cucu. Tapi sekarang cukup banyak anak yang menyerahkan pengasuhan anaknya kepada si nenek,” tegasnya.

Seorang ayah, katanya, sebagai modelling dia harus memberikan keteladanan dan pembiasaan. Sebagai murobbi harus dilihat bagaimana hubungan ayah dengan Allah Swt, bagaimana salat jamaahnya, apakah dekat dengan Alquran atau tidak. “Bagi saya, ketika anak laki-laki atau menantu laki-laki saya rutin Salat Subuh berjamaah di masjid, persoalan dunia sudah selesai. Saya yakin, soal rezeki, sudah dijamin Allah Swt. Jika semut yang ada di lubang saja dijamin rezekinya, mana mungkin manusia dibiarkan,” tegasnya.

Sebagai pemberi cinta, seorang ayah harus memastikan anaknya merasa berharga, aman, nyaman, terlindungi, cintai ibu dulu sebelum anak, sadari bahwa ayah ibu ibarat pakaian sehingga tak boleh saling membuka aib, anak-anak harus dicintai apa adanya, anak perlu ayah yang tahu apa yang anak mau.

Ayah sebagai coach, tentukan kualitas anak laki-laki dan perempuan, beda cara mengasuh anak laki-laki dan perempuan, jadilah ayah yang hangat. Jika anak laki-laki seringlah ditepuk-tepuk pundaknya, jika anak perempuan seringlah dielus-elus kepalanya, bimbing, terlibat, jadilah teladan dalam kepemimpinan dan keteguhan hati.

“Menurut hasil penelitian, ayah yang terlibat dalam pengasuhan akan membuat anak terhindar dari kecanduan pornografi. Hak ayah adalah dicintai, dihargai, dihormati, diperdulikan, dipercaya. Maka pulangkan ayah ke rumahnya, jalani peran ayah, takutlah pada neraka,” ungkapnya. <Bersambung/Eni Widiastuti>

 

 

 

 

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat