fbpx

5 Tips Mendidik Anak di Era Digital ala Cahyadi Takariawan

5 Tips Mendidik Anak di Era Digital ala Cahyadi Takariawan

SUKOHARJO – Berbicara mengenai bagaimana menjadi anak di zaman digital seperti sekarang ini, tidak terlepas dari peran orang tua dalam mengantisipasi agar anak tidak kecanduan gadget. Demikian pemaparan dari Cahyadi Takariawan selaku Pakar Parenting, Konselor Keluarga dari Jogja Family Center, saat mengisi kegiatan Seminar Parenting bertema Wonderful Family yang digelar SDIT Mutiara Insan Sukoharjo, Sabtu (19/1) di Gedung PGRI Sukoharjo.

Di era digital, lanjutnya, segala sesuatu diasosiasi dengan komputer dan internet. Ibaratkan jam tangan analog dan digital, sama halnya dengan perbedaan zaman orang tua dengan zaman anak-anak sekarang. Dulu ketika zaman orang tua, kita bermain secara langsung, sangat berbeda dengan zaman sekarang yang menggunakan tablet, inilah yang menyebabkan kita berjarak dengan anak-anak kita.

Kita berhadapan dengan satu generasi dimana anak menuntut kebebasan, tidak suka diatur. Para guru dulu harus berinteraksi, mendidik, mendampingi murid-muridnya, tetapi kenyataannya sekarang anak zaman now yang masih kecil pun sudah akrab dengan media sosial.

Lebih lanjut, Cahyadi mengungkapkan kekhawatirannya, “Ketika anak dibiarkan asyik bermain youtube dengan gadget justru orang tua malah menjerumuskan anaknya.” ungkapnya

Lantas, bagaimana mengantisipasi agar anak kita tidak kecanduan gadget. Pertama, selalu meminta pertolongan kepada Allah, bersandarlah kepada yang Mahakuat. Anak yang tidak bisa diatur, susah dikendalikan, semarah apapun kita kepadanya, tetap doakan yang baik-baik. Jangan meminta doa yang buruk. “Yang menjadikan anak kita saleh dan salihah adalah Allah Swt. Kita sebagai orang tua wajib mengusahakan, salah satunya dengan berdoa kepada Allah Swt,” terangnya.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat