5 Permasalahan Usaha dan Solusinya yang Cocok untuk Pengusaha Pemula

5 Permasalahan Usaha dan Solusinya yang Cocok untuk Pengusaha Pemula

Hadila.co.id — Setiap usaha, pasti selalu ada permasalahan di dalamnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, Hadila akan mengulas beberapa permasalahan usaha dan solusinya yang kerap dihadapi oleh para pengusaha yang masih pemula.

Para pengusaha pemula pasti sering dihadapkan dengan berbagai jenis permasalahan. Maka, mereka perlu memiliki bekal agar bisa menyelesaikannya. Jika tidak, masalah tersebut bisa membuat para pengusaha muda ini kehilangan semangat, hingga akhirnya menyerah.

Nah, inilah 5 permasalahan usaha yang kerap menimpa para pengusaha pemula, berikut solusi untuk menyelesaikannya.

Kurang atau Bahkan Tidak Memiliki Rasa Percaya Diri

Ketika baru memulai usaha, kebanyakan pengusaha merasa kurang atau bahkan tidak percaya diri. Hal ini banyak sekali penyebabnya.

BACA JUGA: Teknik Pemasaran Jasa, agar Usaha Laris dan Dikenal Banyak Orang

Ada yang tidak percaya diri karena merasa usahanya hanyalah usaha kecil, sehingga malu untuk mengakuinya. Ada juga yang memang secara kepribadian adalah sosok yang cenderung tertutup, sehingga usahanya pun hanya diinformasikan ke pihak-pihak tertentu.

Bahkan, ada pula yang tidak percaya diri dengan jenis usaha yang dijalankan, karena tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan, dan sebagainya.

Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi. Jika seorang pengusaha sudah ragu dengan usahanya sendiri, bagaimana orang lain mau percaya dengannya?

Padahal, supaya usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar, maka pengusaha butuh kerja sama dengan pihak lain. Perlu konsumen juga.

Oleh sebab itu, rasa kurang atau bahkan tidak percaya diri ini harus dibuang jauh-jauh. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengikuti komunitas bisnis, atau event-event bisnis.

BACA JUGA: Menentukan Harga Jual Produk, agar Usaha Berkembang dan Berprofit

Di sini, pengusaha pemula akan bertemu dengan banyak orang, baik pelaku usaha atau bukan, sehingga sedikit demi sedikit bisa memupuk rasa percaya diri.

Adanya Perang Harga dengan Pesaing

Permasalahan usaha selanjutnya yang kerap dialami pengusaha pemula adalah adanya perang harga dengan para pelaku usaha lainnya atau pesaing. Hal ini wajar terjadi, bahkan bukan hanya menimpa pengusaha pemula saja. Mereka yang sudah lama terjun di bidang ini pun masih kerap mengalaminya.

Ketika kita terjun sebagai pengusaha, pasti di luar sana sudah banyak pengusaha lainnya yang sama-sama bergerak di bidang yang sama dengan kita. Mereka pun juga memiliki strategi bisnis yang berbeda-beda.

Ada yang berani memberikan harga yang rendah, sehingga apa yang mereka jual, lebih dilirik oleh pasar. Sementara kita, sebagai pengusaha pemula, untuk menurunkan harga, rasanya masih sulit. Jika memaksakan, bisa jadi usaha kita akan mengalami kerugian, atau yang lebih parah sampai bangkrut.

Oleh sebab itu, salah satu solusi yang bisa Sahabat jalankan untuk mengatasi permasalahan usaha ini adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis, Menganalisa Pasar hingga Mencari Modal

Jika memang masih sangat sulit untuk menurunkan harga seperti yang dilakukan pesaing, maka berikan pelayanan yang terbaik. Service excellent.

Sesekali, berikan juga diskon kepada pembeli. Misalnya, untuk pembeli yang sedang milad atau pembeli dengan nama tertentu. Sebab, sejatinya setiap usaha yang dilakukan untuk menarik konsumen seperti menurunkan harga adalah taktik agar bisa menarik konsumen. Maka, kita juga perlu menyusun taktik.

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat