fbpx

4 Cara Melatih Si Kecil Hidup Hemat

4 Cara Melatih Si Kecil Hidup Hemat

“Jangan boros, boros itu temannya setan!”

Pernah mendengar kalimat ini, Bunda? Secara sederhana, boros adalah menghambur-hamburkan uang atau benda-benda dengan tidak semestinya. Allah Swt berfirman dalam Surah Al-Isra’ ayat 26-27, tentang larangan untuk berbuat boros, dan pemboros merupakan saudara setan. Astaghfirullaahal’adziim. Sebagai orangtua, tentu merupakan kewajiban bagi kita untuk mengajarkan kepada anak-anak menjauhi sifat boros, dengan mengajarkan kepada anak hidup hemat. Hemat adalah berhati-hati dalam menggunakan uang, barang, dan hal lain sesuai porsinya. Jadi, hemat itu tidak selalu terkait dengan uang ya, Bunda. Mengajari anak untuk hidup hemat sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Saat anak mulai memahami nilai sebuah benda.

Pertama, orangtua harus memberikan contoh yang baik. Hal paling sederhana adalah terkait makanan. Biasakan kepada anak untuk selalu menghabiskan makanannya dan tidak menyisakan atau membuang makanan yang masih baik. Triknya, jangan mengambilkan makanan dalam jumlah yang banyak. Sedikit dulu, lalu ditambahkan apabila anak masih merasa lapar. Dengan demikian, anak akan melihat bahwa dia selalu habis saat makan. Jangan lupa berikan kepada anak pujian saat dia menghabiskan makanannya ya, Bunda.

Kedua, berikan contoh untuk berhemat terkait hal-hal yang digunakan sehari-hari seperti air dan listrik. Matikan lampu saat tidak diperlukan, dan gunakan air mandi secukupnya. Ucapkan kalimat seperti, “Ayo kita matikan lampunya, agar tidak boros,” misalnya. Insya Allah, saat melihat kita melakukannya secara teratur, anak akan terbiasa dan mulai mengikutinya.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat