fbpx

Wasiat Allah Sepanjang Masa (Bagian 4)

Wasiat Allah Sepanjang Masa (Bagian 4)

Hadila.co.id — Melanjutkan pembahasan sebelumnya, berikut wasiat Allah sepanjang masa yang akan menjamin keberadaan takwa dalam diri manusia sehingga akan membuat kita terjauh dari jalan kesesatan dan perpecahan.

6. Tidak mendekati harta anak yatim kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat hingga dia dewasa.

Merujuk pada pengertian secara bahasa, yatim artinya anak yang ditinggal ayahnya—baik karena meninggal atau alasan lainnya—yang perlu disantuni mengingat ayahnya merupakan sosok yang bertanggung jawab terhadap nafkah anak tersebut.

Ada juga yang mengatakan bahwa yatim artinya anak yang ditinggal ibunya dan karenanya perlu diasuh mengingat ibu adalah sosok yang menjamin asupan ASI dan pendidikannya.

Bertolak dari pengertian secara bahasa tersebut, disimpulkan bahwa kategori yatim adalah seorang anak (belum dewasa) yang kehilangan orang yang menjamin masa depan hidupnya (biaya hidup atau pendidikan). Dengan demikian, tidak selamanya anak yatim adalah mereka yang semata kehilangan salah satu atau kedua orangtuanya karena meninggal. Namun, termasuk juga anak telantar masa depannya karena orangtuanya tidak sanggup mengurus kebutuhan hidupnya.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat