Tips Merintis Usaha Alat Permainan Edukatif

Tips Merintis Usaha Alat Permainan Edukatif
Sumber gambar: antarafoto.com

Hadila.co.id – Jika Sahabat memiliki keinginan untuk merintis usaha alat permainan edukatif, tampaknya Sahabat bisa menyimak pertanyaan dan uraian jawaban di bawah ini tentang tips jitu untuk memulai usaha alat permainan edukatif.

Di samping itu, jika Sahabat ingin merintis usaha di bidang yang lain, setidaknya ulasan di bawah ini senantiasa memiliki poin-poin dasar yang bisa Sahabat terapkan pada bisnis yang diinginkan. Jadi, silakan disimak baik-baik.

Assalamualaikum, saya adalah mahasiswi semester 4. Saya ingin sekali mempunyai usaha produksi alat permainan edukatif. Bagaimana langkah awal yang harus saya ambil mengingat belum adanya modal usaha. (Nur, Solo, 085728716xxx)

Wa’alaikumsalam, Sahabat Nur di Solo. Merintis usaha atau bisnis sebenarnya tidak terlalu susah. Namun sebaliknya, untuk mempertahankan bisnis itu yang paling susah.

Sahabat sudah punya gagasan ingin memproduksi alat permainan edukatif. Ini sesuatu yang luar biasa dan jarang dilirik kebanyakan orang.

Yang kemudian harus dijawab adalah: mengapa orang tidak merambah atau mulai merintis usaha itu? Apakah masih banyak yang membutuhkan alat semacam itu? Siapa yang akan membeli (target market)? Apa ‘nilai’ yang akan ditawarkan? Contoh: Sendsod*ne anti-ngilu (nilainya anti-ngilu), pepsod*nt membuat gigi lebih kuat (nilainya membuat gigi lebih kuat).

Kemudian, apa perbedaan (diferentiation)nya dengan pesaing? Apakah produk itu akan memiliki “life-cycle” yang panjang?

Bagaimana memperoleh bahan bakunya? Apakah bisa sesuai antara bahan baku dengan harga jual? Jika jawabannya mengarah pada “barang tersebut pasti laris karena pasar tersedia cukup besar, serta ketersediaan bahan baku tidak masalah” maka usaha tersebut layak untuk dijalankan.

Saat ingin merintis usaha, kalau belum ada modal, buat beberapa sampel dahulu. Kemudian bisa ditawarkan ke sekolah, toko buku, atau toko mainan anak.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat