Tips Ketika Anak Melanggar Aturan

Tips Ketika Anak Melanggar Aturan

Oleh: Mutoharun Jinan (Direktur Griya Parenting Surabaya)

Hadila – Beberapa orang tua mengeluh tentang anak mereka yang selalu melanggar aturan. Lalu saya bertanya kepada mereka, “Apa yang biasa Anda lakukan untuk sikap anak tersebut? Mereka menjawab,”Saya tegur satu, dua, bahkan hingga empat kali”. Lalu apa yang selanjutnya mereka lakukan,”Mereka dengan kesal membantah, ya saya bentak atau bahkan saya pukul ustaz.”

Sering kali kita berpikir bahwa jika anak belum melaksanakan apa yang kita kehendaki dari aturan-aturan rumah, maka muaranya adalah bentakan atau pukulan. Jika perspektif ini selalu yang berkembang di benak kita maka betapa terbatasnya stok kesabaran kita, sehingga dengan mengingatkan mereka satu hingga lima kali maka sudah layak bagi kita untuk menghukumnya.

Bisakah perspektif yang lain kita kembangkan bahwa saat mereka belum melakukan yang kita inginkan, tidak selalu melanggar aturan, tetapi karena mereka belum terbiasa sehingga tugas kita adalah selalu mengingatkannya sampai mereka terbiasa. Ada teman yang bertanya,”Sampai kapan ustaz harus mengingatkannya?” Jawaban saya jelas dengan nada gurauan, “Sampai hari kiamat, atau sampai mereka menjadikan aktivitas tersebut sebuah kebiasaan tanpa diingatkan terlebih dahulu.”

Dengan perspektif baru ini maka kita punya stok kesabaran yang melimpah, kalau belum punya stok kesabaran minimal kita punya pemahaman bahwa kesabaran tersebut tidak ada batasnya. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mengingatkan anak berkali-kali dengan tingkat kesabaran yang konstan.

Minimal ada tiga langkah peringatan yang bisa kita ulang-ulang saat anak belum melakukan yang kita inginkan, yaitu :

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat