Pilih Taat Suami atau Orang Tua?

Pilih Taat Suami atau Orang Tua?

Hadila.co.id – Assalamu’alaikum Ustazah. Saya seorang istri menikah hampir dua tahun. Saya dan suami ingin hidup di rumah sendiri. Rumah juga sudah ada. Namun orangtua saya masih keberatan kalau saya tinggal di rumah sendiri. Pernah saya tanyakan kenapa saya belum boleh menempati rumah sendiri, beliau beralasan karena saya belum ada momongan. Khawatir kalau kami menempati rumah sendiri jadi terbebani oleh urusan rumah dan tetangga. Saya harus bagaimana sebagai anak? Mohon solusinya. (Hamba Allah)

Jawaban Ustazah Farida Nur’aini (Konsultan Keluarga)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Seorang anak memang mempunyai kewajiban berbakti kepada orang tua. Namun bila anak perempuan sudah menikah, ketaatan dan berbaktinya beralih ke suami. Hal itu,  bukan berarti boleh mengabaikan orang tua. Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban anak sepanjang masa. Sehingga masalah ini harus disikapi dengan hati-hati.

Saran saya, sampaikan ke ibu tentang keinginan Bunda berdua dengan suami untuk hidup mandiri. Yakinkan ibu bahwa Bunda akan baik-baik saja jika berpisah dengan ibu. Kedua, sampaikan alternatif solusi agar ibu tetap merasa dekat dengan anak. Misalnya, sepekan dua kali Bunda atau suami akan menengok. Ketiga, jika ada saudara yang lain, silakan kerja sama untuk menemani ibu secara bergantian.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat