Peringati Maulid Nabi Muhammad, SDIT Nur Hidayah Adakan Mabit

Peringati Maulid Nabi Muhammad, SDIT Nur Hidayah Adakan Mabit

Hadila.co.id — Sejumlah 134 siswa kelas III SDIT Nur Hidayah Surakarta mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (mabit) dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, Jumat-Sabtu (8-9/10).

Mengusung tema Optimalisasi Ibadah Sholat Menuju Pribadi Mandiri Guna Meneledani Nabi Muhammad Saw, mabit dilaksanakan di area gedung SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Pada Jumat, kegiatan dimulai dengan tilawah bersama sekaligus penyampaian tata aturan selama mengikuti mabit, dan dilanjutkan dengan Salat Asar berjamaah.
Selanjutnya para siswa mandi sore di sekolah. Mereka diajarkan bagaimana mempersiapkan peralatan mandi, antre, adab mandi, hingga merapikan kembali peralatannya. Selesai bersih diri, para siswa menyaksikan tayangan film Hafalan Sholat Delisa.

Pada malam hari, selesai makan malam bersama dan Salat Isya berjamaah, para siswa mendapat motivasi terkait pentingnya ibadah salat. Acara disajikan dalam bentuk dongeng.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam itu tampak sangat dinikmati peserta. Hal itu tampak dari riuh tepuk tangan, tawa, kemudian berganti suasana sepi, berselang-seling selama berlangsungnya acara.

Acara hari pertama diakhiri dengan muhasabah atau evaluasi diri. Para siswa diajak untuk menilai pelaksanaan salat masing-masing pribadi dan disemangati agar ke depan bisa semakin meningkatkan kualitas salatnya.

Pada hari kedua, Sabtu dini hari, para siswa dibangunkan dan diajak untuk melaksanakan Salat Tahajud. Kemudian, sekitar pukul 04.00 WIB, para orang tua siswa mulai berdatangan dan mengikuti Salat Subuh berjamaah di sekolah.

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat