Kalimantan Timur Resmi Jadi Lokasi Baru Ibukota Negara

Kalimantan Timur Resmi Jadi Lokasi Baru Ibukota Negara

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengumumkan lokasi ibukota RI yang baru, yaitu sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Hal itu diumumkan Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers yang digelar di Istana Negara, Senin (26/8).

Presiden Jokowi menyampaikan rencana pemindahan ibukota sudah digagas sejak lama, bahkan sejak masa Presiden pertama RI, Ir Soekarno. “Kita sudah 74 tahun merdeka, tetapi kita belum pernah tentukan dan rancang sendiri ibukotanya,” ujarnya.

Terkait alasan pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, Presiden Jokowi menyampaikan beberapa alasannya. Pertama, beban Jakarta sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, keuangan, perdagangan dan jasa, bandara dan pelabuhan laut yang terbesar di Indonesia ada di Jakarta. Kedua, beban Pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54% dr total penduduk Indonesia dan 58% PDB ekonomi Indonesia ada di Pulau Jawa.

Terkait pendanaan, Presiden Jokowi mengungkapkan total kebutuhan untuk ibukota baru kurang lebih Rp466 triliun. Nantinya 19% dari Rp466 triliun berasal dari APBN, terutama berasal dari skema kerja sama pengelolaan aset di ibukota baru di DKI Jakarta. “Sisanya dari kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) serta investasi langsung swasta dan BUMN,” jelasnya.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat