Historisitas Pendidikan Islam Indonesia

Historisitas Pendidikan Islam Indonesia
Siswa TKII Al Abidin mengikuti outbound beberapa waktu lalu

Oleh: Mukhamad Shokheh (Dosen Sejarah Unnes)

Dalam tinjauan historis, tumbuhnya  pendidikan Islam di Indonesia, sangat erat hubungannya dengan kedatangan Islam di wilayah ini. Dalam konteks ini, Mahmud Yunus mengatakan, bahwa sejarah pendidikan Islam Indonesia sama tuanya dengan masuknya Islam ke Nusantara. Sejak awal perkembangan Islam, pendidikan mendapat prioritas utama masyarakat muslim di Nusantara.

Kesadaran akan pentingnya pendidikan dan islamisasi telah mendorong umat Islam melaksanakan pengajaran Islam kendatipun dalam sistem yang masih sangat sederhana. Berawal dari pengajaran diberikan dengan sistem halaqah di tempat-tempat ibadah seperti masjid, musala, bahkan juga di rumah-rumah ulama. Meski dalam pengertian sederhana, tetapi proses pembelajaran telah terjadi pada waktu itu, sehingga dapat dikatakan bahwa dari sinilah embrio lahirnya pendidikan Islam bermula.

 

Lahirnya Pendidikan Islam

Tumbuhnya pendidikan Islam di Indonesia antara lain ditandai oleh munculnya berbagai lembaga pendidikan secara bertahap, mulai dari tahap yang sangat sederhana sampai dengan tahap modern. Kebutuhan terhadap pendidikan telah mendorong masyarakat Islam di Indonesia mengadopsi dan mentransfer lembaga keagamaan dan sosial yang sudah ada ke dalam lembaga pendidikan Islam.

Dalam konteks awal pertumbuhannya, lembaga pendidikan Islam telah mampu mengadaptasikan diri dengan tuntutan masyarakat dan zamannya. Keberadaan pesantren di jawa, surau di Minangkabau dan mueunasah di Aceh adalah contohnya.  Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di pulau Jawa yang tetap eksis sampai saat ini. Keberadaan surau di masyarakat Minangkabau dengan beragam fungsi, termasuk sebagai lembaga pendidikan Islam telah melahirkan banyak ulama-ulama besar. Mueunasah merupakan lembaga pendidikan tingkat rendah yang ada di Aceh yang telah berperan memberi materi pelajaran basic pengetahuan Islam dan praktik ibadah dalam masyarakat.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat