10 Gaya Bicara Suami Istri yang Tidak Disukai

10 Gaya Bicara Suami Istri yang Tidak Disukai

Hadila.co.id Gaya bicara memang tidak terlalu menjadi perhatian para pasutri (pasangan suami istri). Namun melalui gaya bicara, kekuatan cinta bagi suami istri akan lahir dan menguat. Seperti kata seorang ahli bijak, “Kebiasaan-kebiasaan sederhana yang kita lakukan secara disiplin pada setiap hari akan sanggup menghadirkan cinta besar dan kuat dalam jiwa.”

Sayangnya, acapkali kita menemukan komunikasi suami istri yang tidak efektif bahkan cenderung tidak memiliki standar. Hadila merangkum 10 kesalahan gaya bicara suami istri yang sering terjadi dalam rumah tangga dari buku Ya Allah  Bahagiakan Keluarga Kami oleh Muhamad Yasir:

Pertama, tidak fokus pada masalah. Banyak pasutri yang mengobrol tetapi pandangan dan pikiran tidak relevan. Terkadang ada yang sambil membaca koran, menonton berita, dan kegiatan lainnya sehingga membuat percakapan terasa menyebalkan.

Kedua, Timing yang tidak pas. Pepatah Arab mengatakan, “Likulli maqaamin maqaal.” Artinya setiap kejadian ada waktu pembicaraanya. Kesalahan pasutri dalam hal ini yakni seringkali salah memilih waktu yang pas saat menyampaikan pesan. Misalnya, istri minta membeli barang baru sewaktu suami sedang tidak memiliki uang.

Ketiga, tiba-tiba memotong pembicaraan. Memotong pembicaraan tidak baik dilakukan, meskipun sebenarnya ingin mendemonstrasikan kepada pasangan hidup bahwa kita leih unggul dan mengetahui segala hal. Jangan sampai pasutri terbiasa saling memotong pembicaraan hingga menimbulkan percekcokan.

Keempat, suka berbicara negatif. Pasutri akan merasa kurang suka ketika mereka saling membicarakan perasaan negatifnya hingga timbul ungkapan yang mengandung pesimis. Berbicaralah soal harapan dan pencerahan.

Kelima, berbicara tidak layak di hadapan pasangan. Berbicara tidak layak melalui gestur akan merusak kehangatan pembicaraan dan diskusi.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat