fbpx

Cara Memahamkan Anak bahwa Tua adalah Pasti

Cara Memahamkan Anak bahwa Tua adalah Pasti

“Wah bunda kok sudah ada ubannya? jadi nenek dong, ayaah… bunda sudah tua!” seru adik. Aku dan ayah saling berpandangan dan tersenyum mendengar komentar bungsu kami. “Memangnya kenapa kalau tua adik?” tanyaku. “Lucu saja bunda, kalau rambut bunda putih semua,” seloroh adik.

“Besok adik juga tua, rambutnya putih semua juga,” canda sulung kami. “Nggak mau ah, jelek dong!” sahut adik. “Gampang dik, tinggal diwarna pink,” gurau kakaknya sambil tertawa.

Dengan tersenyum aku berkata, “tua itu pasti, mosok mau kecil terus, yang penting tambah baik”. Tanpa ekspresi putri keempat kami kemudian bercanda, “berarti bunda sekarang harus tambah sabar”. Dan kami semua hanya bisa tertawa sambil mengucap “Aamiiiin”.

Ayah bunda roda kehidupan terus melaju. Dan berarti pula usia kita menjadi semakin bertambah tua. Sebenarnya bukan masalah tuanya yang perlu kita perhatikan, tetapi bagaimana kita menjadi pribadi yang bertambah kualitasnya seiring dengan bertambahnya usia.

Ada beberapa hal yang bisa kita sampaikan kepada ananda diantaranya :

Pertama, tua adalah pasti. Usia manusia bertambah sejalan dengan perputaran waktu. Oleh karena itu menjadi tua adalah sesuatu yang pasti. Tidak ada seorangpun yang dapat merubah skenario dengan menjadi tetap muda. Maka menjadi tua adalah proses yang perlu kita jalani dengan bahagia.

Kedua, perubahan fisik menurun adalah normal. Pada saat usia manusia semakin bertambah maka menjadi normal pula ketika fungsi-fungsi organ tubuh berangsur berkurang kekuatannya. Hal ini yang sebaiknya kita pahamkan kepada ananda. Memutihnya rambut, keriputnya kulit, menurunnya kecepatan gerak serta mudah lelah. Berbeda dengan masa remaja dan muda dahulu. Perubahan ini wajar dan normal dan akan dialami oleh semua orang.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat