This is Indonesia

This is Indonesia

Hadila.co.idThis’s Indonesia. Masyarakatnya mayoritas Islam, tapi serupa “buih” di lautan. Islam hanya kulit, dipahami sebatas ritual. Surga dan neraka menjadi bahan guyonan. Islam dimaknai beragam. Sebagian saklek. Sebagian senang dengan ritual gegap gempita. Sebagian menjadikan Islam hanya sebagai warisan. Sebagian lain, menganggapnya sama dengan ajaran yang lain, yang penting ber-Tuhan.

Bangsa ini menolak untuk belajar sejarah, melupakan Islam sebagai semangat pembebas para pejuang. Lebih buruk lagi, sebagian muslim malah “alergi” dengan agamanya. Mau berpikir objektif untuk agama lain, tapi menolak berpikir serupa untuk Islam.

Sejarah Indonesia, belum lagi direkonstruksi. Kartini masih menjadi feminis. Patimura belum dikembalikan identitasnya. Semangat jihad dan pekik takbir Bung Tomo redup sayup-sayup. Tapi, fitnah terhadap Islam datang lagi dan lagi.

Spiritualis dalam Bekerja

Saya merasa sesak karena merasa menjadi bagian dari kubu Islam yang tidak pernah mendapat tempat di media massa. Contoh sederhana; guru-guru yang merasa “dipaksa” berhijab beritanya tayang di media, tapi pegawai toko buku terbesar se-Indonesia tidak boleh menjalankan perintah agamanya untuk berhijab, mana beritanya?

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat