Sepuluh Karakter Suami Ideal

Sepuluh Karakter Suami Ideal
picture: pixabay

Hadila.co.id – Kebanyakan pria sudah menjalani rumah tangga selama bertahun-tahun, bahkan hingga puluhan tahun. Namun, banyak dari beberapa suami tersebut merasa dirinya belum menjadi sosok suami yang ideal bagi istrinya, maupun menjadi sosok ayah yang ideal bagi anak-anaknya.

Kadang seorang suami merasa dirinya belum merasa cukup ideal, meskipun sudah mencoba untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Walaupun terus berusaha, untuk mencapai taraf ideal di tidak mudah untuk mencapainya.

Namun sebagai seorang suami kita tetap perlu memiliki rencana yang jelas untuk menjadi sosok yang ideal bagi keluarganya. Untuk mencapai itu kita harus membuat rencana yang jelas dan pandangan seperti apa sosok suami yang ideal tersebut. Jika tak memiliki rencana maka kita hanya akan berjalan di tempat dan menuruti ritme hidup dan rutinitas yang mekanistik.

Pada kesempatan kali ini saya ingin meringkaskan tulisan tentang sepuluh karakter suami ideal.

Pertama, memiliki kemampuan untuk senantiasa memiliki cinta dan kasih sayang dalam jiwanya.

Mungkin istri kita terasa sangat menyebalkan, atau tampak sangat menjengkelkan dengan perkataan dan perbuatannya setiap hari. Jika suami memang tidak suka dengan sikap itu, ingatkan dengan kelembutan, dengan cinta dan kasih sayang. Bukan malah sebaliknya, memarahi, memaki, apalagi sampai berlaku kasar dan menyakiti hatinya.

 

Kedua, menundukkan egonya, mengakui kesalahan dan tidak gengsi untuk meminta maaf.

Apakah yang menghalangi seorang suami untuk meminta maaf dan memaafkan kesalahan istrinya? Apakah yang menghalangi suami untuk bersikap mengalah dan mengakui kesalahannya ketika ada perselisihan pendapat dengan istri? Itulah yang disebut dengan ego. Maka, tundukkan selalu ego Anda untuk istri tercinta, demi keharmonisan rumah tangga.

Tidak ada salahnya apabila seorang suami mau berbesar hati untuk terlebih dahulu meminta maaf apabila terjadi perselisihan antara suami-istri. Hal itu justru akan menunjukkan bahwa diri anda adalah sosok suami yang memiliki hati yang besar dan menyayangi istri anda.

 

Ketiga, mampu membahagiakan istri, dan merasa senang jika bisa membahagiakan istrinya.

Jika kita mampu membahagiakan istri, maka akan sangat banyak yang bisa kita dapatkan darinya. Misalnya, istri merasa nyaman dan tenang, dan akan mendukung berbagai keinginan positif suami, selama ia merasa bahagia. Membahagiakan istri itu bukanlah bab bagaimana memberikan semua yang diinginkan istri, namun bagaimana menyentuh perasaan dan hatinya.

 

Keempat, fokus melihat sisi kebaikan dan kelebihan istri

Sesungguhnya setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna, dimana hanya memiliki kelebihan saja dan tidak memiliki kekurangan. Sebagaimana juga tidak ada manusia yang hanya memiliki kelemahan dan kekurangan saja, tanpa memiliki kebaikan dan kelebihan apapun.

Oleh karena itu sebagai seorang suami alangkah lebih baiknya kita lebih banyak terfokus melihat sisi baik dari istri kita. Hal itu tentu akan membuat istri kita akan merasa senang dan merasa dirinya adalah orang yang tepat untuk mendampingi anda.

Selain itu, dengan terfokus untuk melihat kelebihan istri akan mengurangi kemungkinan pertengkaran dalam keluarga anda.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat