Saudara Mendekati Zina, Bagaimana Cara Menasihatinya?

Saudara Mendekati Zina, Bagaimana Cara Menasihatinya?

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya mempunyai saudara sepupu yang tinggal satu rumah dengan wanita yang belum dinikahi. Infonya wanita tersebut sedang menunggu proses cerai dengan suaminya yang nonmuslim. Bagaimana saya harus bersikap. Saudara saya terkenal keras kepala dan nekat. Saya takut amal ibadah saya tidak diterima karena saya pernah membaca, jika ada yang berzina, maka 40 rumah di sekitarnya terkena imbas. Mohon penjelasannya. (Hamba Allah)

Konsultan: Farida Nuraini (Konsultan Keluarga)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Saudaraku  yang baik, tugas kita sebagai sesama muslim adalah saling mengingatkan dalam kebaikan.

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman.” (H.R. Muslim)

Gunakan posisi sebagai saudara untuk mengingatkan. Sekeras apapun hati manusia pasti punya sisi lembut. Misalnya diingatkan tentang ibunya atau diingatkan tentang kematian, tentang akhirat, insya Allah seorang yang kasar pun bisa tersentuh.  Nah, ambil sisi lembutnya itu untuk menasihati.  Jika secara posisi Anda belum memungkinkan menasihati maka mintalah bantuan kepada orang yang mempunyai kedudukan dan disegani oleh sepupu. Bisa takmir masjid, ustaz, atau pimpinannya.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat