Memahami Perumpamaan Muslim Itu Layaknya Pohon Kurma

Memahami Perumpamaan Muslim Itu Layaknya Pohon Kurma

Hadila.co.id Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda; Dari Ibnu Umar berkata: “Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya di antara pepohonan ada satu pohon yang tidak pernah rontok daunnya dan itu seperti muslim.. Ia adalah pohon Kurma’.” [Muttafaq Alaih]. Dalam riwayat lain, “Beritahukan kepadaku sebuah pohon yang menjadi perumpamaan bagi seorang mukmin.” [Muttafaq Alaih]. Nabi juga menjelaskan, “Dan tidak… memberikan buahnya setiap saat.”

Ibnu Hajar menjelaskan lebih detil, “Dalam Al Mushonnaf di Bab Tafsir dari jalan Nafi’ dari Ibnu Umar berkata: Kami sedang bersama Rasulullah Saw beliau bersabda: ‘Beritahukan kepadaku sebuah pohon yang perumpamaannya seperti muslim, tidak pernah rontok daunnya, tidak… tidak… tidak…’. Disebutkan kata tidak tiga kali. Dikatakan dalam tafsirnya: ‘Tidak terputus buahnya, tidak hilang bayangannya dan tidak putus manfaatnya’.
Adapun dalam riwayat Muslim kata tidak disebutkan hanya sekali
.” [Fathul Bari]

Nabi membuat Al Matsal (perumpamaan) untuk muslim dan mukmin diibaratkan dengan kurma. Perumpamaan yang dibuat oleh Nabi, apalagi tersurat dalam Alquran, pasti merupakan perumpamaan tingkat tinggi. Kita dimudahkan untuk memahami hal tersebut.

Biarkan Dunia Mengenangmu

Seperti dalam hadits ini. Untuk memahami bagaimana seharusnya hidup kita sebagai seorang muslim dan mukmin, tinggal melihat pohon kurma, bukan buah kurma (yang berarti membahas daun, dahan, ranting, akar, mayang, buah dan segala hal yang berhubungan dengan pohon kurma). Apa saja kelebihan pohon kurma, begitulah seharusnya kehidupan kita.

Berikut nukilan kalimat dua ulama besar (An Nawawi dan Ibnu Hajar) dalam mengali perumpamaan ini.

An Nawawi berkata, “Para ulama berkata: beliau mengumpamakan kurma dengan muslim pada banyaknya kebaikan kurma, terusnya naungan bayangannya, enak buahnya dan keberadaannya yang terus menerus ada. Dari sejak buahnya muncul pertama terus bisa dimakan hingga mengering. Setelah kering, masih ada manfaat yang banyak dari kayu, daun dan dahannya yang bisa dijadikan tiang, kayu, tongkat, tikar, tali, bejana dan yang lainnya. Dan yang paling terakhir dari kurma adalah bijinya yang masih bermanfaat untuk makanan bagi unta. 

Kemudian kurma itu indah pohonnya, bagus bentuk buahnya. Kurma semuanya bermanfaat, baik dan indah. Begitulah orang beriman, semuanya baik karena banyaknya ketaatan, mulianya akhlak, selalu menjaga shalat, puasa, tilawah, dzikir, shadaqah, silaturahim dan semua bentuk ketaatan yang lainnya. Inilah yang benar dari kesamaan antara kurma dan muslim.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat