Hidup adalah Pilihan dan Ikhtiar

Hidup adalah Pilihan dan Ikhtiar

Hadila.co.id – Hidup merupakan karunia dan takdir dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun juga pilihan. Karena kita diberi kesempatan dan pilihan seluas-luasnya diantara skenario sempurna-Nya. Miskin atau kaya, pintar atau bodoh dan banyak pilihan lainnya.

Memiliki anak sehat adalah pilihan. Namun pada kenyataannya, kita tinggal di lingkungan yang tercemar oleh asap pabrik, misalnya. Sama saja dengan memilih untuk hidup tidak sehat. Alangkah baiknya jika kita memilih tempat tinggal yang kondusif, bebas dari polusi.

Memiliki anak yang saleh/ah adalah pilihan. Namun akan menjadi angan-angan kosong jika tidak dibarengi dengan ikhtiar dan doa untuk mewujudkannya. Kita menginginkan anak kita saleh/ah, namun kita sendiri tidak menjadi orangtua yang saleh/ah, hanya membesarkan namun tidak mendidik, hanya menemani namun tidak mendampingi, hanya menyuruh dan melarang namun tidak mencontohkan. Dengan kata lain, berarti memilih yang sebaliknya.

Makanan yang Cocok untuk Anak Sakit, Nikmat dan Penuh Gizi

Memiliki anak yang pintar juga pilihan. Namun bukan mengambil pilihan tersebut tatkala kita hanya berhenti pada ingin, kemudian tidak ada ikhtiarnya. Hampir tidak pernah menemani anak belajar, enggan mengajari anak mengaji, bahkan cenderung mengekang kreativitas anak.

Kalau kita memilih ingin menjadikan anak kita sehat, saleh, bahkan pintar, maka mau tidak mau kita harus berjuang untuk mewujudkannya dan senantiasa memohon kepada Allah. Itulah yang dimaksud dengan hakikat memilih di sini: adanya ikhtiar dan doa. Sebagaimana firman Allah: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.’ [QS. Ar Ra’d (13): 11]

Termasuk memilihkan mana yang terbaik untuk anak, diantaranya dalam hal buku bacaan anak. Orangtua harus mampu memilah mana bacaan yang dapat mendidik anak dan juga membentuk pribadi Islami untuk anak. Oleh karena itu Majalah Cilukba dan Cilukba Junior menjadi pilihan yang tepat untuk anak.

Selain memiliki berbagai macam rubrik yang dapat mengasah kemampuan motorik anak, Majalah Cilukba dan Cilukba Junior juga menanamkan pemahaman yang Islami sehingga anak dapat membedakan mana yang baik dan buruk dalam pandangan Islam, selain itu Majalah Cilukba dan Cilukba Junior juga membantu orangtua untuk menjadikan anak pribadi yang cerdas dan berakhlakhul karimah.

Sebagai seorang wanita, kita juga dihadapkan pada banyak pilihan. Bisa jadi bukan pilihan antara baik dan buruk, namun pilihan dengan konsekuensi yang berbeda. Salah satunya jenjang pendidikan yang ingin dicapai. Cukup hanya tamat SMA, sarjana, master, atau bahkan doktoral. Dengan jenjang tersebut, kita memiliki kebebasan dan pilihan kembali apakah kita akan berkarir di luar rumah, atau lebih memilih menjadi ibu rumah tangga. Jika memilih dirumah, ada pilihan (konsekuensinya) kembali. Begitupun jika memilih di luar rumah.

Liburan ‘Bahagia dan Murah’

Semua pilihan itu menentukan action yang harus diambil, seberapa besar ikhtiar dan doa yang kita lakukan. Karena hidup adalah pilihan dalam takdir-Nya, maka kita dituntut untuk cerdas dan jeli dalam mengambil keputusan: akan ke arah manakah langkah kita? Pilihan manakah yang akan kita ambil agar kita tak menyesal kemudian.

Akhirnya, semoga kita menjadi muslimah yang cerdas dalam menentukan pilihan. Mengimbangi setiap atau apapun pilihan tersebut dengan ikhtiar dan doa.

(Nusrotul Bariyah, S.Pd – Bandung)

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos