Ketika Keluarga Dibiayai Orang Tua

Ketika Keluarga Dibiayai Orang Tua

KONSULTASI – Assalamualaikum, saya istri yang masih kuliah dengan biaya dari orangtua. Saya sudah menikah selama 2,5 tahun dan memiliki seorang anak berusia 1 tahun. Kehidupan kami juga masih dibiayai orangtua. Sejak 1 tahun lalu, suami saya yang sebelumnya juga masih dibiayai orangtua, kerap tidak menuruti nasihat mereka. Akhirnya, orangtua lepas tangan dari hidup suami saya. Saya merasa suami tidak begitu bertanggung jawab. Akhirnya saya pun tidak terlalu menurut terhadapnya. Sekarang apa yang sebaiknya saya lakukan? (08966846xxxx)

Konsultan: Farida Nur’aini dari Biro Konsultasi Keluarga Solo

 

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Bunda, hidup dibiayai orangtua merupakan rezeki. Namun jika sudah berumah tangga, dibiayai orangtua justru bukan hal yang baik, apabila dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Suami adalah pemimpin. Dialah yang berkewajiban memberi nafkah keluarganya. Mari kita cermati satu-satu, kemudian silakan menyimpulkan.

Pertama, mengapa hidup masih dibiayai orangtua? Apakah orangtua tidak tega, memandang suami belum mampu membiayai secara layak, atau memang suami tidak mampu sama sekali memberi nafkah. Jika poin pertama yang menjadi alasan, maka seharusnya cukuplah dibantu hanya sekadarnya saja. Hidup dengan dibiayai orangtua pasti ada efeknya. Akan terjadi hukum timbal balik. ‘aku sudah ngasih, apa yang kamu kasih untukku’. Artinya, orangtua secara tidak langsung meminta yang dibantu untuk memberikan ketaatan pada yang memberi. Mau diatur, nurut dan mengikuti kemauan yang memberi, yaitu orangtua. Kehidupan yang selalu diatur orang lain sangatlah tidak nyaman. Terkekang sekali.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat