fbpx

Ketika Anak Suka Mem-bully

Ketika Anak Suka Mem-bully

Konsultasi – Assalamualaikum, Ustazah. Anak saya kelas IV SD. Dia memiliki sifat kurang baik, yaitu suka mem-bully temannya. Kadang dia memanggil temannya dengan sebutan yang tidak baik. Saya sudah sering mengingatkan, tetapi nasihat saya hanya didengar sebentar. Setelah itu, dia masih terus melakukan tindakan tersebut. Bagaimana solusi untuk menanganinya? (08583867xxxx)

Konsultan: Budhy Lestari Psikolog dari Biro Konsultasi Obsesi

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Ibu yang berbahagia, ketika anak memasuki rentang masa pra-puber, terkadang muncul beragam perilaku yang di luar kendali kita dan sifatnya tidak terduga. Karakter anak terbentuk karena 2 hal, yaitu faktor internal dalam diri anak yang dipengaruhi genetis orangtua dan faktor eksternal yang bersumber dari lingkungan, ini biasanya sangat besar pengaruhnya.

Terkait perilaku bullying, ada beberapa hal yang perlu dipahami. Bullying adalah bentuk perilaku kekerasan dimana terjadi pemaksaan secara fisik maupun psikologis terhadap seseorang atau sekelompok orang yang lebih ‘lemah’. Biasanya pelaku bullying memersepsikan diri sebagai sosok yang memiliki power (kekuatan) tertentu, dan korban sebagai pihak yang lemah.

Di sekolah, umumnya kita jumpai perilaku bullying memiliki beberapa karakteristik (Rigby dalam Astuti, 2008), yaitu perilaku agresi yang menyenangkan pelaku untuk menyakiti korban, dilakukan berulang dan secara tidak seimbang sehingga menimbulkan perasaan tertekan.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat