Kandungan Kalimat Syahadat

Kandungan Kalimat Syahadat

Hadila.co.id –

Oleh: Ustaz Suhari Abu Fatih Lc (pegiat soaial dan dakwah)

Istilah Islam abangan atau Islam KTP cukup familiar di telinga masyarakat kita. Istilah ini biasa digunakan untuk mereka yang mengaku beragama Islam, tetapi hanya sebatas status. Adapun perilaku, tindak tanduk, dan cara hidupnya sangat jauh bahkan seringkali kontras dengan ajaran Islam. Kondisi ini bisa jadi muncul karena minimnya pemahaman masyarakat kita terkait dengan dasar-dasar akidah Islam, terutama yang terkait dengan syahadatain (dua kalimat syahadat).

Ada dua kondisi yang cukup bertolak belakang antara masyarakat kita dengan Bangsa Arab saat itu dalam hal penerimaan terhadap Islam. Masyarakat kita cenderung mudah menerima Islam, akan tetapi mudah juga melepaskan diri dari ajaran-ajarannya. Sedangkan Bangsa Arab cenderung sulit untuk menerima Islam, akan tetapi jika telah memutuskan diri untuk memeluk Islam, maka prinsip mereka sangatlah kuat. Dan salah satu penyebabnya adalah perbedaan tingkat kedalaman pemahanan antara kedua bangsa ini terkait dengan syahadat yang telah diucapkan.

Di antara materi akidah yang jarang disampaikan oleh para mubalig, dai, dan penceramah adalah materi tentang kandungan dua kalimat syahadat. Padahal materi ini sangatlah asasi. Kebenaran dan kedalaman keislaman kita sangat ditentukan oleh sejauh mana pemahaman kita terkait dengan materi ini.

Kandungan kata syahadah

Kalau kita mencari makna asyhadu (أشهد) di dalam Alquran, maka kita akan dapati sedikitnya tiga makna;

  • Pernyataan

Dalam bahasa Arab sering disebut dengan الإقرار (ikrar) atau الإعلان (iklan). Kalau kita menggunakan makna ini maka maksud dari kalimat syahadat yang kita ucapkan adalah “aku menyatakan bahwa tidak ada ilah kecuali Allah dan aku menyatakan bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Hal inilah yang dimuat dalam firman Allah swt:

فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

“Jika mereka berpaling, maka katakanlah kepada mereka, “Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)!”. (QS: Ali Imran: 64)

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat