Ganjar Pastikan SKTM Dihapus dari Syarat PPDB

Ganjar Pastikan SKTM Dihapus dari Syarat PPDB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat dialog interaktif "Mas Ganjar Menyapa" di Puri Gedeh, Semarang. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jateng/Antara)

SEMARANG, HADILA — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan surat keterangan tidak mampu (SKTM) akan dihapus dari salah satu persyaratan penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada 2019.

“Saat ini kami sedang menggodok peraturan gubernur tentang hal itu kemudian disosialisasikan kepada masyarakat di 13 cabang Dinas Pendidikan di seluruh Jateng,” katanya saat dialog interaktif “Mas Ganjar Menyapa” di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (8/1/2019).

Terkait dengan Pergub PPDB tersebut, Ganjar seperti dilansir Kantor Berita Antara mengungkapkan jika saat ini sedang dibahas dan akan dicocokkan dengan permendikbud yang juga sedang ada perubahan.

Selain itu, upaya yang saat ini dilakukan adalah menyosialisasikan kepada wali murid, kepala desa, dinas sosial, kepolisian serta masyarakat luas mengenai hal tersebut.

Mantan anggota DPR RI itu, mengungkapkan maraknya kasus SKTM palsu pada PPDB tahun lalu menjadi alasan penghapusan SKTM karena membuat dunia pendidikan tercoreng dengan tindakan-tindakan demoralisasi para orang tua calon siswa, di mana ada yang kaya tetapi mengaku miskin hanya demi bisa menyekolahkan anaknya di sekolah favorit.

Kendati SKTM segera dihapus, Ganjar memberikan jaminan kepada para siswa miskin agar tetap bisa bersekolah dan dibiayai pemerintah.

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat