Dijodohin Orangtua, Gimana?

Dijodohin Orangtua, Gimana?

Hadila.co.id — Assalamu’alaikum  Wr.Wb.  Ustazah.  Saya  mau  bertanya , apakah  kita  harus  menuruti  semua  perintah orangtua, termasuk soal perjodohan? Terima kasih atas jawaban ustazah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb. (Ayu_08975076xxx)

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Saudaraku yang dirahmati Allah Swt, taat kepada orangtua merupakan kewajiban seorang anak. Allah Swt berfirman,

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”[Q.S. Al-Isra (17): 23]

Namun ketaatan kepada orangtua ini juga mempunyai batas, yaitu jika orangtua menyuruh pada kemungkaran, maka seorang anak tidak wajib taat. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam Alquran surah Al-Ankabut ayat ke 8.

Dan  jika  keduanya  memaksamu  untuk  mempersekutukan  dengan  Aku  sesuatu  yang  tidak  ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya……”

Bagimana jika orangtua menjodohkan kita? Maka sikap pertama adalah jangan langsung membantah. Orangtua tentu sudah mempunyai pertimbangan matang dalam menjodohkan anaknya. Memang bisa terjadi perbedaan persepsi; orangtua sudah merasa memilihkan yang terbaik bagi anak, tetapi anak merasa sebaliknya. Disini perlu komunikasi yang baik antara anak dan orangtuanya. Semua harus dibicarakan secara terbuka dan jelas.

Tanyakanlah ke orangtua tentang biodata orang yang disodorkan, terutama agamanya. Karena agama menjadi pertimbangan utama. Jika agamanya bagus, maka ini sebuah keberuntungan yang nyata dan janganlah menolaknya.

Admin Hadila
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat