Cara Mendidik Anak untuk Rajin Membantu Pekerjaan Rumah

Cara Mendidik Anak untuk Rajin Membantu Pekerjaan Rumah

Hadila.co.idKetika kita ingin melatih anak-anak untuk mandiri dan belajar melayani, salah satu alat yang sangat efektif untuk digunakan adalah pekerjaan sehari-hari di rumah. Caranya dengan membimbing anak untuk terlibat. Berikut beberapa tips untuk orangtua agar dapat melatih anak dapat membantu kegiatan rumah tangga:

  1. Jadikan Kegiatan Keseharian sebagai Hal yang Asyik

Orangtua harus melihat bahwa kegiatan sehari-hari adalah kegiatan yang asyik. Orangtua yang ikhlas menjalani keseharian akan membuat anak-anak tak memandang kegiatan itu sebagai beban. Kalau orangtua sering mengeluh dan menganggap kegiatan keseharian itu tidak asyik, persepsi itu juga akan ditangkap anak sehingga mereka akan berpandangan bahwa pekerjaan rumah adalah beban yang harus dihindari.

Mengontrol Keinginan Anak, Mendidiknya Menjadi Anak yang Mampu Menerima Keadaan

  1. Mulai dari Hal yang Sederhana

Ketika kita melakukan pekerjaan rumah, banyak hal yang bisa dilakukan anak karena pada dasarnya anak senang melakukan pekerjaan orangtua. Mungkin anak belum bisa menyapu karena tangannya belum kuat memegang dan mengayunkan sapu. Tapi ketika orangtua sedang menyapu, anak bisa membantu mengambilkan sapu. Anak belum bisa mencuci, tapi dia bisa membantu mengambilkan sabun cuci.

  1. Kegiatan Tanpa Jadwal

Lakukan kegiatan bersama anak secara insidental, tanpa perencanaan. Jadikan kegiatan itu menjadi hal yang asyik dan menyenangkan, bukan beban. Setelah Anda menyeterika pakaian, sesekali ajak anak untuk memasukkan pakaiannya ke dalam lemari. Lakukan hanya sesekali, tidak setiap hari. Lebih baik lagi kalau kegiatan itu dilakukan atas permintaan anak.

Bachtiar
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat