Beginilah Cara SDIT Nur Hidayah Solo Tingkatkan Kreativitas Guru

Beginilah Cara SDIT Nur Hidayah Solo Tingkatkan Kreativitas Guru

Hadila.co.id, Solo (31/07) — SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta menggelar In House Training (IHT), Sabtu (31/07) di aula sekolah. Diikuti oleh 34 peserta guru kelas I-VI.

Kegiatan bertajuk ‘Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dengan Pendekatan TERPADU Berkarakter RAMAH Berbasis TPACK ini menghadirkan narasumber Dr. Agus Efendi, M.Pd. selaku Sekretaris Senat Akademik FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kegiatan ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) Diklat Calon Kepala Sekolah kerja sama JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah. Salah satu peserta Diklat Calon Kepala Sekolah yakni Husni Malik, S.P., S.Pd., salah satu guru SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

Husni Malik menginisiasi adanya usaha untuk meningkatkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya peningkatan kreativitas guru dalam pembelajaran adalah dengan menggelar In House Training.

“Kita perlu menggugah, menguatkan pemahaman, dan praktik langsung bagaimana merancang pembelajaran dengan baik. Sehingga menghasilkan proses dan hasil pembelajaran yang menyenangkan dan memberi makna,” tuturnya.

Kegiatan In House Training (IHT) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama telah terlaksana pada Sabtu, 17 April 2021 di Aula SDIT Nur Hidayah Surakarta. Bertindak sebagai narasumber siklus pertama, Dr. Ratna Juwita, selaku Widyaiswara Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS).

Pada siklus pertama, narasumber mengulik apa itu TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). Bagaimana urgensinya penerapan TPACK dalam proses pembelajaran daring seperti saat ini. Sekilas tentang profil pelajar pancasila, kekhasan karakter RAMAH, dan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)-nya.

Sementara pada In House Training siklus kedua, narasumber menekankan pada panduan pengembangan RPP. Komponen secara lengkap dan penjelasannya. Serta fokus workshop penyusunan RPP yang menggunakan pendekatan TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, Ukhrawi). Berkarakter RAMAH (Religius, Aktif, Mandiri, Alami, Harmonis). Berbasis TPACK.

“Sangat perlu diperhatikan juga aspek pembelajaran abad 21 yakni, creative, critical thinking, collaboratif, dan communication dalam menyusun RPP,” pungkasnya. <Waka Humas SDIT Nur Hidayah>

Ibnu
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos