fbpx

Azan Subuh Antar Wahyu ‘Bule’ Soeparno Putro Bersyahadat

Azan Subuh Antar Wahyu ‘Bule’ Soeparno Putro Bersyahadat

Hadila.co.id — Wajahnya kerap muncul di televisi, membawakan sebuah acara religi. Wahyu Soeparno Putro, pria kelahiran Skotlandia, 28 Juli 1963 yang memiliki nama asli Dale Andrew Collins-Smith memutuskan memeluk Islam pada tahun 1999.

Lelaki yang sempat tinggal di Australia ini sebelumnya beragama Budha karena terkesan pada pribadi Gandhi. Kedua orangtua Dale ateis, makanya urusan agama sepenuhnya urusan dirinya sendiri. Dale kemudian memilih Islam karena merasa mendapatkan ketenangan jiwa.

wahyu soeparno putro

Wahyu Soeparno Putro, Sumber Foto: Google.com

Dale mengawali kisah hidupnya di Indonesia ketika bekerja di sebuah perusahaan kerajinan di Yogyakarta (1999). Dia kemudian bertemu dengan Soeparno, ayah lima anak yang bekerja sebagai satpam. Singkat cerita Dale yang yatim piatu sejak usia 20 tahun ini kemudian diajak menetap di rumah Soeparno sebagai anak angkat dari keluarga besar Soeparno.

Rumah Soeparno letaknya dekat dengan masjid, sehingga setiap hari suara azan terdengar cukup keras. Awalnya, Dale begitu terganggu dengan suara azan, khususnya azan Subuh. Suara azan Subuh adalah musuh bebuyutan Dale karena menggedor-gedor gendang telinga dan mengusik kenyamanan tidurnya. Selama tinggal di Skotlandia dan Australia, dia tak pernah mendapatkan situasi seperti itu.

Karena setiap hari mendengarkan suara azan Subuh itu, Dale kemudian menjadi terbiasa. Dia menjadi kerap terbangun di pagi hari. Bahkan, setelah menetap cukup lama Dale terbiasa bangun 5-10 menit lebih awal dari azan Subuh. ”Ini membuat saya heran. Padahal sejak kecil saya tak pernah bisa bangun pagi, tapi di sini saya mampu merubah pola hidup saya untuk bangun pagi.”

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat