Apa Keutamaan Bercocok Tanam Menurut Islam? Berikut Uraiannya

Apa Keutamaan Bercocok Tanam Menurut Islam? Berikut Uraiannya

Oleh: Ustaz Amin Rois, (Alumni Universitas Al Azhar, Jurusan Tafsir dan Ulumul Qur’an)

ا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْساً أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ اَوْ اِنْسَانٌ اَوْ بَهِيْمَةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

“Tidak lah seorang muslim yang menanam atau berkebun, kemudian ada burung, manusia, atau binatang yang memakan tanaman tersebut, kecuali orang muslim itu mendapatkan pahala sedekah” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Hadis tersebut menetapkan bahwa semua orang muslim yang menanam tanaman akan mendapatkan pahala sedekah dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hadis di atas mempunyai objek umum bagi semua kaum muslimin yang melakukan aktivitas bercocok tanam dan hasilnya dimanfaatkan dengan baik oleh makhluk hidup lainnya; dijadikan sebagai makanan bagi manusia, burung atau hewan lainnya.

Umat Nabi Muhammad adalah umat yang diajarkan untuk berikhtiar, mengambil asbab-musabab atau hukum kausalitas untuk mencapai keinginan dan cita-cita, umat Islam bukanlah umat yang fatalistik berpangku tangan sembari menunggu hujan emas dari langit, sebagaimana sindiran dari khalifah Umar bin Khathab Ra. Hanya saja janganlah kita lalai akan doa, mengingat bahwa sebab utama semua hasil adalah dari Allah Swt.

Ikhtiar manusia untuk bertahan hidup terbuka luas selama sesuai dengan koridor dan syariat yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Berkebun atau bertani, jual beli komoditas, memproduksi bahan pokok dan kebutuhan manusia, menyewakan jasa dan lain sebagainya. Di zaman Rasulullah, mungkin teknis bekerja maupun profesi orang-orang ketika itu berbeda dengan sekarang, akan tetapi substansi dari pekerjaan tetaplah sama. Bila dahulu bercocok tanam dengan tradisional dan menggunakan alat-alat manual, maka sekarang kita temukan teknologi pertanian dan perkebunan yang menyertakan mesin dan perangkat elektronik lainnya. Pun juga demikian dengan profesi dan pekerjaan-pekerjaan lain.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat