fbpx

Agar Nama Kita Dikenang Dunia

Agar Nama Kita Dikenang Dunia

Hadila.co.id — Dalam sebuah cerita klasik Cina dikisahkan bahwa ada seorang tua yang bekerja sebagai petani berhasil memindahkan bukit agar bisa dipakai anak-anaknya untuk berjalan. Setiap hari dia memindahkan dua keranjang pasir yang diambil dari sebuah bukit dan diletakkan di tanah kosong. Dia melakukannya setiap hari sejak muda. Sehingga pada saat dia tua, bukit itu sudah bisa dilalui anak-anaknya. Petani itu telah mencatatkan namanya dalam sejarah cerita di dunia.

Sahabat, seorang pemenang menyadari bahwa cita-cita yang tinggi bukan sebuah kemustahilan untuk dicapai bila sedikit demi sedikit meraihnya. ”Bukit” mana yang perlu Anda pindah? Sehingga seluruh manusia di dunia akan mengenang Anda dan mencatatkannya dalam sejarah.

Sebuah tantangan menarik jika kita melihat Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia yang disusun Michael Hart atau Daftar Penemu-penemu Ilmu Pengetahuan yang tercantum dalam buku-buku ensiklopedi atau rangkuman pengetahuan umum. Di sana belum ada nama kita, kan? Pertanyaannya adalah bagaimana dunia akan mengenang nama kita sebagaimana petani dari Cina yang memindahkan bukitnya?

Jika karena James Watt dunia mengenal mesin uap, karena Nicolaus Otto dunia mengenal mesin 4 tak, karena Rudolf Diesel dunia mengenal mesin diesel, karena Johannes Guttenberg  dunia mengenal mesin cetak, karena Christopher Sholes dunia mengenal mesin ketik, karena C. Marconi dunia mengenal radio, karena J.L. Baird & C.F. Jenkins dunia mengenal televisi, karena Samuel F.B. Morse dunia mengenal telegraf, karena Alexander Graham Bell dunia mengenal telepon, karena Michael Faraday dunia mengenal dinamo, karena Williarn Sturgeon dunia mengenal Elektromagnet, karena Thomas Alva Edison dunia mengenal bola lampu, karena Volta dunia mengenal batu baterai.

Jika karena Bung Karno dunia mengenal pancasila, karena Munir dunia mengenal kontras, karena Adnan Buyung Nasution dunia mengenal LBH, karena Puerdi Chandra kita mengenal Primagama, karena Arifin Ilham kita mengenal Indonesia Berdzikir, karena AA Gym kita mengenal Manajemen Qolbu, karena Stephen Covey dunia mengenal Seven Habits, karena Daniel Goleman Dunia mengenal Kecerdasan Emosional, karena Iwan Gayo dunia mengenal Buku Pintar, karena Ibnu Sina dunia mengenal Ilmu Kedokteran; Lalu, karena Anda, dunia mengenal apa? [Oleh: Jumadi Subur | Dimuat Majalah Hadila Edisi Agustus 2014]

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat