fbpx

Ziarah Kubur, Renungan Mengingat Kematian

Ziarah Kubur, Renungan Mengingat Kematian
Sumber gambar: rumaysho.com

Hadila.co.id — Kapan terakhir kali Anda pergi menengok ‘rumah masa depan’?

Mengunjungi ‘rumah-rumah abadi’ orang-orang yang pernah begitu dekat dengan kita, untuk mengingatkan pada diri bahwa kelak kita akan menyusul mereka.

Ziarah kubur, sebuah renungan mengingat kematian yang bisa datang kapan saja.

Dunia memang menyenangkan sehingga sering kali melenakan. Ibarat penyelam pencari mutiara, dengan tabung oksigennya.

Bagi penyelam yang sadar bahwa tujuannya adalah mencari kerang mutiara; ia akan sangat berhati-hati, memperhitungkan betul berapa lama ia harus menyelam, apa saja yang harus dilakukan, kapan ia harus kembali ke permukaan, karena tabung oksigennya terbatas oleh waktu.

Namun banyak juga penyelam, karena terlena akan keindahan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, lupa hingga alat penunjuk oksigen menunjukkan ‘alarm’ hampir habis. Akhirnya naiklah ia ke permukaan tanpa membawa apa-apa.

Begitu gambaran kehidupan manusia di dunia yang dibatasi waktu, yaitu umur. Kenikmatan dunia membuat manusia lupa pada batasan itu.

Lupa bahwa hidup hanya sebentar saja. Hiruk pikuk kebendaan (hedonisme) bahkan telah menjadi tujuan hidup sebagian manusia. Seluruh waktu, tenaga, pikiran habis tercurah demi memperoleh kebahagiaan dunia.

Ukuran kesuksesan tiada lain adalah bila telah memperoleh harta, kedudukan, dan kesenangan. Meski jalan haram terkadang ditempuh.

Orang-orang seperti ini yang disebut Allah dalam firman-Nya, “Itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat, maka tidak akan diringankan siksa mereka dan mereka tidak akan ditolong.” [Q.S. Al-Baqarah (2): 86]

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat