Usaha di Desa, Apa yang Cocok?

Usaha di Desa, Apa yang Cocok?

Assalamu’alaikum. Usaha apa yang cocok untuk dikembangkan di daerah pedesaan, untuk memulai usaha dengan modal yang masih minim, supaya usaha yang saya rintis nanti bisa berkembang? (Liya, Wonogiri-082242116xxx)

Jawaban oleh : Fitra Jaya Saleh (Konsultan Bisnis)


Wa’alaikumsalam. Wr. Wb.  

Selama ini masih banyak orang berpendapat bahwa di desa itu peluang untuk berusaha, hampir tidak ada. Padahal dimana pun kita berada, selalu ada peluang dan kesempatan untuk sukses menjalankan suatu usaha.

Mengenai usaha apa yang cocok, tergantung dari; apa passion Anda dan bagaimana faktor lingkungan di sekitarnya. Misal tempat Anda tinggal atau lokasi usaha apakah berada di jalan yang strategis (banyak lalu lalang kendaraan). Kalau seperti itu, mungkin cocok untuk membuka warung makan (bakso, bakmi, atau makanan khas)

Pada lokasi yang strategis juga memungkinkan membuka usaha seperti agen pengiriman atau biro jasa pelayanan paket. Karena dewasa ini bisnis via internet juga sudah merambah sampai ke pedesaan, maka jasa semacam ini juga banyak dibutuhkan. Selain itu bisa juga usaha ini bergandengan dengan usaha jual pulsa (telepon atau listrik). Karena pulsa sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Karena desa umumnya jauh dari pusat kota maka usaha membuka toko kelontong juga sangat potensial. Usaha tersebut bisa dijalankan di rumah dengan modal kecil. Beternak juga bisa menjadi alternatif; seperti ternak ikan, kelinci, atau ayam kampung. Kalau di sekitar banyak tersedia rumput dan bahan makanan untuk kelinci serta suhu udara mendukung, usaha ini juga sangat menjanjikan. Begitu juga beternak ikan jika memang sarana kebutuhan airnya mencukupi. Tetapi kalau di sekitar lebih banyak lahan pertanian maka membuka usaha bibit dan benih unggul serta berbagai pestisida dan pupuk juga bisa dicoba.

Usaha jasa seperti menjahit, potong rambut, salon kecantikan, rias pengantin, atau servis alat elektronik juga banyak dibutuhkan di pedesaan. Usaha jahit dari waktu ke waktu terus menunjukkan perkembangan, karena kebutuhan sandang yang terus meningkat. Anda juga bisa memberikan bimbingan belajar menjahit kepada orang di sekitar Anda.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat