Tips Hidup Tanpa Utang

Tips Hidup Tanpa Utang

Oleh Maimon Herawati (Dosen dan Penulis)

Hadila – Saya selalu suka berbagi tentang mengatur keuangan.  Saya ingin lebih banyak lagi yang merasakan kebahagiaan seperti saya: hidup merdeka tanpa utang.  Berapapun penghasilan,  hidup tidak terasa sulit jika tanpa utang.

Orang yang berutang akan selalu merasa dikejar-kejar. Tidak satu dua yang kemudian hidup berpindah, lari dari kejaran debt collector. Lebih parah lagi,  ada yang terpaksa menghilangkan jejak eksistensi, memutus komunikasi dengan karib kerabat supaya tidak terdeteksi lagi oleh debitor.  Pada skenario terburuk,  mereka terpaksa meninggalkan rumah dan asetnya karena disita debitor.  Saya tidak tahu tinggal di mana kenalan itu sekarang.  Di pintu dan pagar rumahnya terpampang pengumuman sita rumah dari bank.

Katakanlah skenario buruk tidak terjadi. Tapi,  terbayang  tidak,  setiap bulan khawatir memikirkan tambahan penghasilan supaya cukup untuk hidup dan membayar utang. Tidak satu dua kenalan yang sangat bernafsu mengejar SPPD,  berstrategi bisa diikutkan kegiatan apa saja asal bisa mendapatkan uang tambahan. Namanya di kalangan teman sudah terkenal. Kerja tidak,  ikut menerima SPPD iya. Dicurigai ini karena beban keuangan tertentu. Utang.

Lalu bagaimana supaya bisa bebas utang?  Saya akan ambilkan dari pengalaman pribadi selama 46 tahun bebas utang kecuali utang kecil pada sahabat asal Malaysia. Kami berdua sering tukar pakai dana. Jika beasiswanya telat, dia menggunakan dompetku. Jika bulan itu saya terlalu banyak membeli buku,  dua hari akhir bulan menggunakan dananya untuk beli makanan.

Pertama, pastikan memahami beda antara ingin dan butuh. Saat haus,  butuhnya adalah air penghilang dahaga. Air bisa air putih dimasak sendiri dari sumur rumah. Air galon bermerek.  Air botolan beli di mall. Atau air kafe yang harganya lima galon air isi ulang. Kita harus paham bahwa kebutuhan tubuh hanya air putih.  Keinginan nafsu adalah minum sambil nongkrong di kafe.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat