Tips Bijak Menasihati Suami

Tips Bijak Menasihati Suami

Asalamualaikum Ustazah, bagaimana cara bijak menyampaikan masukan ke suami agar beliau tidak tersinggung? (Hamba Allah)

Konsultan: Ustazah Farida Nur’aini (Konsultan Keluarga)

Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh. Terima kasih sudah bertanya tentang hal ini karena pertanyaan ini juga mewakili dari para istri yang lain. Di dalam rumah tangga akan terjadi proses penyesuaian antara suami dan istri. Saling mengenal, saling memahami pasangan masing-masing. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Secara teori diperlukan waktu penyesuaian diri pada 5 tahun pertama pernikahan. Termasuk juga menyesuaikan diri dalam hal komunikasi. Karena tipe orang dalam berkomunikasi berbeda-beda. Apabila cara berkomunikasi tidak sesuai dengan lawan bicara maka komunikasi tidak akan efektif. Hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan . Bisa jadi cara komunikasi yang sama, apabila diterapkan kepada orang yang berbeda, maka hasilnya juga berbeda.

Apakah yang mempengaruhi penerimaan seseorang dalam berkomunikasi ? Yaitu gaya belajarnya. Ada tiga jenis macam gaya belajar yaitu auditori, visual, dan kinestetik.

Gaya belajar auditori mempunyai ciri khas, dia mempunyai pendengaran yang baik, betah berlama-lama dalam mendengarkan, mudah menerima informasi dengan cara mendengarkan.

Di sisi lain orang tipe auditori kurang bisa memahami informasi yang disampaikan lewat tulisan, tidak betah berlama-lama dalam membaca karena lebih nyaman mendengarkan. Orang tipikal ini juga menyukai suasana yang tenang, jauh dari keramaian . Sedangkan orang tipe visual kebalikan dari orang auditori. Orang tipikal visual mudah menerima informasi lewat tulisan, betah membaca dan bisa konsentrasi membaca walaupun di tengah keramaian. Justru dia kurang bisa memahami informasi yang disampaikan lewat suara atau audio.

Sedangkan orang kinestetik, orangnya easy going , enjoy saja selama suasananya nyaman. Dia bisa menerima informasi dalam suasana apapun. Orang tipikal kinestetik ini orangnya ekspresif. Jika marah tidak bisa menahan emosinya. Demikian juga jika gembira dia akan berteriak. Tidak bisa menyimpan perasaannya.

Nah dari tipikal tersebut suami Bunda termasuk tipe yang mana? Dalam posisi berbicara pun juga menentukan kenyamanan dan penangkapan lawan bicara.

Orang tipikal auditori nyaman berbicara dengan istrinya dengan posisi duduk berdampingan karena dia bisa dengan jelas mendengar suara istrinya . Namun tipikal visual dia lebih nyaman berbicara dengan istrinya apabila istrinya berada di depannya sehingga dia bisa melihat wajah istrinya dan ekspresi istrinya dengan jelas. Sedangkan orang dengan tipikal kinestetik lebih mudah menerima dalam kondisi apapun selama posisi nyaman.

Itu hal pertama yang harus dipahami oleh istri ketika akan memberikan masukan kepada suaminya. Jika tipikal suaminya auditori jangan memberi masukan lewat tulisan. Karena justru malah bisa menimbulkan masalah. Tetapi langsung sampaikan dengan posisi berdampingan.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat