fbpx

Sudah Tuluskah Kita Berlaku Baik Kepada Anak?

Sudah Tuluskah Kita Berlaku Baik Kepada Anak?

Oleh: Mutoharun Jinan (Direktur Griya Parenting Surabaya)

Allah berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 263: “Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi tindakan yang menyakitkan. Allah Maha Kaya, Maha Penyantun.”

Saat membaca ayat ini, terbayang seorang peminta-minta yang datang ke rumah dan tuan rumah memberikan sedikit sedekah tetapi dibarengi dengan kata-kata yang menyakitkan hati. Maka Allah tidak akan menerima sedekahnya bahkan lebih baik tuan rumah yang tidak memberikan sedekah tetapi menjaga lisannya dari perkataan yang menyakitkan.

Bayangan seperti di atas tentu terbangun oleh penjelasan guru kita saat menjelaskan tafsir ayat tersebut atau memang kita melihat peristiwa yang ada korelasinya dengan ayat tersebut. Mayoritas bayangan kita adalah seorang yang sedang membutuhkan pertolongan dan orang yang dimintai.

Namun pernahkah kita membawa nilai ayat tersebut ke dalam konteks interaksi kita dengan anak-anak. Yaitu anak-anak kita yang sering kita berikan bantuan kepada mereka.

Astagfirullah, betapa seringnya kita membantu atau memberi materi kepada mereka, dan di tengah-tengah sedekah yang kita berikan kita masih menyisihkan perkataan yang menyakitkan?

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat