Suburkan Rambut dengan Seledri

Suburkan Rambut dengan Seledri
sumber foto: unsplash.com

Hadila – Memiliki rambut tebal dan sehat menjadi idaman sebagian besar orang. Pertumbuhan rambut yang normal dan sehat di kepala mencapai 0,5 inci setiap bulannya. Kesuburan dan pertumbuhan rambut dialami saat usia 15–30 tahun dan mulai berkurang menjelang usia 50 tahun.

Rambut yang tipis apalagi sampai botak bisa menurunkan kepercayaan diri. Tekstur dan ketebalan rambut setiap orang berbeda-beda, tergantung faktor keturunan, usia, hormon, asupan nutrisi, hingga kebiasaan menata rambut. Selain itu, tekstur rambut bisa berubah karena efek samping obat-obatan atau penyakit tertentu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat dan menyuburkan rambut secara alami, seperti memilih sampo yang tepat, membatasi penggunaan alat penata rambut, menghindari paparan sinar matahari langsung, menggunakan bahan-bahan alami—salah satunya seledri.

Seledri (Apium graveolens) merupakan sayuran yang termasuk famili Apiaceae. Seledri memiliki tinggi maksimal 1 m, daun tersusun gemuk dengan tangkai pendek. Tangkainya bisa jadi sangat besar dan dijual sebagai sayuran terpisah dari pokoknya. Pada budidaya tertentu, batang seledri membesar membentuk umbi yang dapat dimakan.

Seledri bukan sekadar pelengkap makanan yang menambah aroma dan rasa. Seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Misalnya, untuk perawatan rambut, karena kaya nutrisi yang penting bagi rambut, seperti Vitamin A yang berperan mengatur produksi sebum guna menjaga kelembapan kulit kepala.

Vitamin K berperan dalam pembekuan darah dan membantu proses penyembuhan luka kecil di kulit kepala, sehingga memungkinkan folikel rambut mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang lebih baik, Vitamin C dalam seledri kaya antioksidan yang melindungi sel kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan melindungi kulit kepala, Vitamin C membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal ini yang menyebabkan nutrisi lebih mudah mencapai rambut dan membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan kuat.

Bagaimana cara menggunakan daun seledri untuk merawat rambut di rumah? Ambil 13 tangkai daun seledri, cuci bersih lalu dihaluskan. Setelah keramas, oleskan tumbukan daun seledri ke kulit kepala dan rambut disertai pemijatan ringan. Tutup kepala dengan handuk dan diamkan setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan secara teratur 3 kali dalam seminggu. <Dimuat di Majalah Hadila Edisi Juni 2024>

Penulis: Ns. Budhi Purwanto, S.Kep., M.Kes.CACH (ahli keperawatan teknologi bahan alam)

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos