“Rumus Tiga” Mencapai Kebahagiaan Keluarga

“Rumus Tiga” Mencapai Kebahagiaan Keluarga

Oleh: Cahyadi Takariawan (Konsultan Keluarga Nasional)

Hadila – Pernikahan yang berhasil bukanlah bab menemukan pasangan yang ideal dan sempurna. Juga bukan tentang bagaimana bisa selalu rukun tanpa konflik di sepanjang kehidupan berumah tangga. Ada “rumus tiga”  untuk mencapai kebahagiaan keluarga yang bisa diterapkan.

Pada kenyataannya, tidak ada manusia sempurna di zaman kita hidup sekarang ini. Semua orang memiliki kekurangan, kelemahan dan sisi negatif lainnya. Juga tidak pernah ada keluarga yang selalu rukun adem ayem tanpa konflik. Semua keluarga memiliki permasalahan dan pasti dijumpai konflik di dalamnya.

Oleh karena itu, saya mencoba menyederhanakan hal-hal rumit dalam kehidupan berumah tangga, meski pun kita tahu bahwa ada hal-hal yang memang tidak bisa disederhanakan begitu saja. Untuk mudah mengingatnya, saya mengajukan formula “Rumus Tiga”, agar kehidupan pernikahan kita bisa selalu bahagia.

Perhatikan Rumus Tiga berikut ini:

Pertama, jika Anda melihat ada banyak kekurangan pada pasangan Anda, ingatlah TIGA hal berikut: Satu, Bahwa pada diri Anda pun ada banyak kekurangan, mungkin saja Anda tidak menyadarinya. Lalu bagaimana Anda selalu menyalahkan kekurangannya, sementara Anda juga memiliki sisi kekurangan?

Dua, jika Anda menikah dengan orang lain pun, Anda juga akan menemukan banyak kekurangan pada orang lain itu. Jangan mengira jika Anda menikah dengan orang lain maka Anda akan menemukan seseorang yang ideal dan sempurna.

Tiga, tidak ada manusia ideal dan sempurna yang hidup di zaman kita sekarang ini. Semua orang memiliki kekurangan dan kelemahan.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat