fbpx

Rumah Tangga Kakak di Ambang Kehancuran, Bagaimana Membantunya?

Rumah Tangga Kakak di Ambang Kehancuran, Bagaimana Membantunya?

Assalamualaikum Ustazah. Saya punya kakak usia 43 tahun. Menikah pada November 2018. Dulu Kakak Saya dicarikan jodoh sama tetangga. Kakak saya dari awal sudah kecewa karena suami punya utang sejak sebelum menikah, tapi tidak disampaikan dan sekarang mau utang lagi. Sehingga dari awal pernikahan sering bertengkar. Mohon sarannya karena kami sudah tidak ada orang tua lagi. Jadi suami kakak saya mengembalikan kakak saya ke saya. (Ahmad)

Konsultan: Farida Nur’aini (Konsultan Keluarga)

Bapak Ahmad yang saya hormati jika saya simpulkan dari pertanyaan Anda intinya adalah kakak Anda dikembalikan oleh suaminya karena rumah tangga sering cekcok. Pertengkaran mereka dipicu dari sikap suami yang sering utang.

Sebagai adik yang baik memang harus memberikan perhatian sepenuhnya kepada kakak. Apalagi kakak sedang dalam masalah. Untuk masalah seperti ini tentu saja sabar tidak cukup. Harus ada tindakan nyata untuk mengatasinya.

Karena ini adalah keluarga kakak maka sebenarnya kedua belah pihaklah yang yang harus mencari solusinya. Posisi sebagai adik adalahmenyarankan sekaligus bisa sebagai mediator bagi keluarga kakak Anda.

Untuk menyelesaikan masalah karena kondisi rumah tangga yang demikian memerlukan orang ketiga sebagai mediator yang bisa menjembatani komunikasi antar keduanya sehingga masalah bisa diselesaikan dengan tenang tanpa emosi dan kemarahan.

Apabila kakak sampai dikembalikan oleh suaminya, berarti ada kesalahan besar yang telah dilakukan oleh kakak di mata suaminya . Karena sebenarnya permasalahan suami istri pasti bisa diselesaikan oleh suami istri tersebut. Setiap permasalahan yang menimpa sebuah keluarga tidak akan melebihi kemampuan keluarga tersebut untuk mengatasinya. Inilah yang harus diyakinkan kepada kakak.

Masalahnya adalah penyikapan yang salah. Suami yang sering berutang seperti itu dalam posisi terjepit. Dia memerlukan orang yang bisa diajak sering dialog dari hati ke hati. Jika orang yang sedang dalam kondisi tersebut disikapi dengan emosi, dimarahi, ini yang akan menyulut pertengkaran.

Karena seakan-akan suami merasa menghadapi masalahnya sendirian. Sebenarnya permasalahan suami-istri itu akan segera selesai apabila keduanya mendukung dalam kebaikan. Dengan cara yang bijak , menahan emosi. Ini termasuk juga permasalahan suami kakak. Berbohong dalam hal keuangan sejak sebelum menikah ini adalah kesalahan masa lalu yang sudah berlalu dan tidak bisa terulang kembali. Maka jalan yang terbaik adalah memberi maaf. Mungkin berat dilakukan tetapi inilah yang harus dijalani agar permasalahan keluarga segera selesai.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat