Ramadan Segera Tiba, Perbanyak Istigfar agar Dimudahkan Beribadah

Ramadan Segera Tiba, Perbanyak Istigfar agar Dimudahkan Beribadah

Hadila – Bulan Ramadan insya Allah segera tiba. Mari kita sambut dengan sukacita, bagaimana pun kondisinya. Karena boleh jadi,  ini Ramadan terakhir kita.

Pesan itu disampaikan Pengasuh Rubrik Konsultasi Syariah majalah Hadila yang juga dosen mahad Abu Bakar, ustazah Nursilaturohmah, saat mengisi Kuliah Whatsapp Bareng Cilukba, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kondisi pandemik yang melanda negeri Indonesia tercinta, jika direnungkan justru mendatangkan keberkahan luar biasa. Dengan kondisi ini, insya Allah tujuannya agar kita lebih fokus sambut Ramadan, kita terputus dengan dunia luar dan berinteraksi dengan Allah Swt sebanyak-banyaknya.

Lantas apa saja bekal yang perlu disiakan untuk menyambut Ramadan? Menurut ustazah Nursila bekal itu meliputi empat hal. Yaitu mempersiapkan jiwa, mental, dan hati kita, persiapkan ilmu, persiapan finansial, perisiapkan fisik kita. Keempat hal itu harus disiapkan agar Ramadan bisa dijalani dengan optimal, sehingga kita tidak termasuk orang yag merugi.

Untuk memperisapkan empat hal tersebut, lanjutnya, ada beberapa tips yg bisa dilakukan segera mungkin.

Pertama, mengevausasi diri. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, setiap muslim sangat dianjurkan melakukan muhasabah diri. Itu termasuk adab terhadap jiwa kita. Untuk bisa bertakwa, seorang muslim seharusnya senantiasa menghisab apa yang kita lakukan untuk diri kita. Rasulullah bersabda,  “Muhasabahlah diri kalian sebelum kalian dihisab, dan berhiaslah kalian dengan amal saleh sebelum menghadapi mahkamah agung di ahari akhir. Karena sesungguhnya Allah akan memberikan keringanan hisab bagi orang orang yang menghisab dirinya di dunianya, pada hari kiamat kelak.”

Untuk merpersiapkan ilmu, kita harus review kembali beberapa hal terkait Ramadan, gali kembali keutamaan Ramadan. Ramadan adalah berita gembira, bulan sangat mulia, bulan ketika Allah bukakan pintu surga, setan dibelenggu, Allah akan melipatgandakan pahala amal perbuatan kita.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat