Perpanjang izin, Kemenag RI Audit Syariah SOLOPEDULI

Perpanjang izin, Kemenag RI Audit Syariah SOLOPEDULI
Tiga Auditor Syariah Lembaga Zakat Subdirektorat Akreditasi & Audit Lembaga Zakat Kementerian Agama (Kemenag) RI foto bersama Direksi dan staf SOLOPEDULI.

KARANGANYAR, HADILA – Tiga Auditor Syariah Lembaga Zakat Subdirektorat Akreditasi & Audit Lembaga Zakat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Senin-Selasa (24-25/5/2021), mengunjungi Kantor  Lembaga Amil Zakat (LAZ) SOLOPEDULI. Mereka melaksanakan audit syariah, terkait permohonan perpanjangan izin operasional SOLOPEDULI.

“Audit Syariah menjadi salah satu syarat perpanjangan izin lembaga amil zakat.  Tujuannya jelas, yaitu untuk memastikan lembaga ini telah melaksanakan semua hukum ekonomi dan syariat Islam terkait kegiatan LAZ sehari-hari,” kata Direktur Utama SOLOPEDULI Sidik Anshori di sela menemui para auditor syariah dari Kemenag RI tersebut.

SOLOPEDULI, kata Sidik, menjadi salah satu LAZ yang ikut serta menjalani audit syariah oleh Kemenag karena telah mengajukan izin operasional sebagai lembaga amil zakat yang habis setiap lima tahun.

Ketiga orang yang hadir di Kantor Pusat LAZ SOLOPEDULI Jl Tentara Pelajar, Bolon, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah itu adalah M. Noor Khozin, Djubaedah, dan Muhammad Rohim. Mereka ditemui Sidik Anshori selaku Ketua Yayasan/Direktur Utama, Luthfi Hidayat Direktur Keuangan, Harjito Direktur Pendayagunaan, Adithya Jelantik, Kepala Internal Audit dan Sulistyo D. Ambarsari sebagai Sekretaris Direksi.

Sidik Anshori menyambut baik sekaligus berterimakasih atas kahadiran para auditor syariah Kemenag ini. “Artinya kami diperhatikan Kemenag, karena audit seperti ini memang diatur dalam PP No 14 tahun 2014 tentang pengelolaan zakat mulai dari manajemen, pendistribusian, dan lainnya. Dengan adanya Audit Syariah ini, maka Lembaga Amil Zakat seperti SOLOPEDULI akan terus terkontrol dalam mengelola zakat infak dan sedekah umat.”

Sementara Kepala Internal Audit SOLOPEDULI, Adithya menyampaikan bahwa hasil audit syariah akan keluar dalam waktu kurang lebih 6 bulan. “Ada beberapa pesan dan catatan yang disampaikan Kemenag RI untuk SOLOPEDULI, salah satunya disampaikan Ibu Djubaedah bahwa laporan keuangan belum selesai, namun secara keseluruhan sudah bagus,” papar Adithya.

Sedangkan auditor lainnya, Muhammad Rohim, mengingatkan agar laporan semua kegiatan SOLOPEDULI segera disampaikan ke pemerintah setempat. Selain menjalankan Audit Syariah Kemenag RI juga melakukan kunjungan di Klinik SOLOPEDULI dan Kantor SOLOPEDULI Cabang SOLO.

“Kunjungan ini menjadi salah satu pengenalan dari SOLOPEDULI kepada Kemenag RI, mengenai program apa saja yang dimiliki oleh SOLOPEDULI, salah satunya yakni Klinik Gratis SOLOPEDULI untuk kaum dhuafa. Selain program, SOLOPEDULI juga memiliki kantor pelayanan yang berada di wilayah Soloraya,” tambah Adithya

Sidik Ansori, selaku Direktur Utama SOLOPEDULI, selain mengucapkan terimakasih kepada Kemenag RI, atas audit syariah dan kunjungannya juga berharap dengan agenda ini LAZ SOLOPEDULI semakin di percaya masyarakat untuk mengamanahkan donasinya kepada SOLOPEDULI. (***)

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos