Perhatian Allah dalam Kondisi Genting

Perhatian Allah dalam Kondisi Genting

Oleh Tajuddin Pogo (Ketua Departemen Dakwah IKADI)

Hadila – Kehidupan dunia sarat dengan ujian sesuai kapasitas individu yang memikulnya. Seseorang tidak akan dibebani lebih daripada kemampuannya. Semakin sulit ujian yang menimpa seseorang, kemudian dia sabar dan lulus menghadapinya, maka semakin tinggi pula penghargaan Allah atasnya. Bila dia terus bertahan, tegar dan lulus dalam setiap ujian, maka derajatnya semakin terangkat dan semakin tangguh kapasitasnya untuk menghadapi ujian peningkatan iman berikutnya.

Demikianlah sunatullah dalam berbagai bentuk problematika dan ujian yang telah berlaku pada setiap mukmin sejak awal. Hikmah Allah selalu muncul dalam setiap ujian, dan bagi hamba yang sabar, berharap pahala dan meraih balasan dari Allah, selalu memperoleh hasil terbaik. Perhatian Allah selalu datang untuk menguatkan dan mendukung kesuksesan kaum mukminin dalam melewati ujian dengan keberhasilan dan kemenangan.

Hidup tanpa masalah, mustahil. Masing-masing individu pasti menghadapi suatu masalah dan punya cara yang berbeda dalam menyikapinya sesuai tingkat kesulitannya. Dalam kondisi normal, Allah telah menetapkan bahwa masalah yang dibebankan pasti telah sesuai takaran kemampuan tiap-tiap jiwa. Dia Maha Bijaksana dan Mahaadil dalam menimpakan ujian kepada hamba-Nya. Mukmin selalu memandang bahwa sumber masalah yang dihadapinya selalu berasal dari sikap dan perbuatannya sendiri. Bila tidak, maka masalah tersebut merupakan sarana ujian peningkatan kualitas iman dan peninggian derajat, bila lulus dalam menempuhnya.

Semakin bertambah iman seorang mukmin, semakin besar ujian yang menimpanya. Buktinya Rasulullah sendiri. Beliau adalah rasul dan nabi paling mulia, tetapi beliau merupakan nabi yang paling dahsyat cobaannya, bila dibandingkan dengan para nabi lainnya. Riwayat menyebutkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash beliau berkata : “Aku bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam: “Wahai Rasul, siapa manusia yang paling berat cobaannya?” Rasulullah menjawab: “Para Nabi, lalu orang-orang saleh, lalu orang-orang yang semisal dengan mereka, lalu yang semisal dengan mereka. Seseorang itu diuji menurut ukuran (dalam suatu riwayat ‘kadar’) agamanya. Jika agamanya kuat, maka cobaannya pun dahsyat. Dan jika agamanya lemah, maka ia pun diuji menurut (kadar) agamanya. Sesungguhnya cobaan akan selalu menimpa seseorang sehingga ia dibiarkan berjalan di muka bumi, tanpa ada kesalahan lagi.” (H.R. At-Tirmidzi (2/64),  dengan derajat hasan shahih, Ibnu Majah (4031), Al Hakim dalam Al Mustadrak dan Ibnu Hibban dalam Shahih Ibnu Hibban)

Hadis tersebut membantah dugaan sebagian orang yang menyangka ketika seorang mukmin ditimpa cobaan adalah pertanda Allah tidak meridainya. Dugaan semacam itu salah sama sekali. Sesungguhnya orang yang diuji dengan musibah dan cobaan dicintai Allah bila dia sabar dan rela menerimanya. Rasulullah menegaskan, “Sesungguhnya besarnya pembalasan (pahala) itu sesuai dengan besarnya cobaan. Dan sesungguhnya bila Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa rida, maka baginya rida (Allah), dan barang siapa yang murka, maka untuknya pula kemurkaan itu.” (H.R. At-Tirmidzi (2/64), Ibnu Majah (4031). Orang yang murka dengan cobaan Allah dan menduga buruk terhadap ujian orang beriman, baginya adalah kemurkaan. Jadi jangan pernah berburuk sangka dengan ujian dan cobaan dari Allah.

Sesungguhnya cobaan itu walaupun berupa keburukan, sejatinya adalah suatu kebaikan. Gambaran indah tentang hal itu disebutkan dalam hadis lain. Rasul bersabda;“Aku heran kepada urusan orang mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik. Jika sesuatu yang menyenangkan  menimpanya, dia bersyukur memuji Allah dan itu baik baginya. Jika sesuatu yang menyusahkan menimpanya, dia bersabar, maka itu pun juga baik baginya. Dan hal itu bukan untuk setiap orang (yang dalam semua perkara adalah baik baginya), hanya bagi orang mukmin saja.” (H.R. Ad-Darimi (2/318) dan Ahmad (6/16))

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat