Peran Orang Tua Mengajari Anak Mengatur Waktu

Peran Orang Tua Mengajari Anak Mengatur Waktu
Ilustrasi Sumber: Freepik

Orang tua sangat berperan penting dalam mengatur waktu kegiatan anak. Kegiatan anak yang teratur tentu akan mempermudah kita untuk mengasuh dan mendidik mereka. Jika sejak dini ayah dan bunda sudah membantu mereka mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin mereka mampu meraih kesuksesan di masa depan. Berikut tips untuk ayah dan bunda agar anak bisa lebih menghargai waktu.

  1. Mengajak anak taat jadwal

Membiasakan anak-anak untuk taat pada jadwal pembagian waktu yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Saat anak belajar menyusun jadwal dan melakukan kegiatan yang sudah disepakati, mereka akan belajar bagaimana mengenal dan membuat prioritas, kemudian menyelesaikan apa yang sudah direncanakan.

  1. Ikut mengawasi kegiatan anak

Orang tua sebagai controlling (mengawasi) seluruh kegiatan anak. Dengan membimbing, mengarahkan, serta mengingatkan untuk senantiasa berada dalam jadwal kegiatan yang sudah dibuat, tetapi tidak ikut menentukan apa yang mereka lakukan.

  1. Berikan waktu bebas

Saat ayah dan bunda membantunya membuat jadwal, pastikan mereka juga memiliki jadwal untuk waktu luang atau waktu bebasnya. Waktu ini dapat dimanfaatkan anak untuk bermain, tidur, atau melakukan sesuatu yang mereka sukai. Dengan begitu, anak tidak merasa terbebani dalam mengikuti jadwal yang dibuat.

  1. Senantiasa menjadi penyemangat

Jika anak mulai melanggar jadwal, ayah dan bunda boleh mengingatkannya dengan lembut. Dan untuk menambah motivasinya, ayah bunda bisa memberikan hadiah atau pujian. Namun, jangan berlebihan karena ini bertujuan untuk memotivasi anak, bukan untuk memanjakannya.

Ifa
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat