Perahu Kembali Berfungsi, Nelayan Pandeglang Tersenyum Bahagia…

Perahu Kembali Berfungsi, Nelayan Pandeglang Tersenyum Bahagia…
Para petani Pandeglang terlihat senang saat akan kembali melaut setelah perahu mereka diperbaiki. Foto: Ist

PANDEGLANG, HADILA– Wajah para nelayan Cigeulis, Pandeglang, Banten, Kamis (21/2/2019) siang kemarin terlihat berseri-seri, riang gembira, dan tersenyum bahagia ketika menarik perahu mereka yang tampak baru ke pantai.
“Alhamdulillah… Terimakasih SOLOPEDULI sudah membantu saya dan kawan-kawan kelompok nelayan lainnya memperbaiki perahu kami yang rusak. Tentu saja kami senang, dan bahagia bisa melaut lagi,” kata Kasman, salah seorang nelayan kepada staf Humas SOLOPEDULI, Dyah.
Selama dua hari, Kamis dan Jumat (22/2/2019), SOLOPEDULI dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Surakarta terjun ke lokasi bencana menyalurkan bantuan bagi para korban gempa tsunami Selat Sunda di Cigeulis, Pandeglang, Banten.
Selain dengan IPHI, SOLOPEDULI juga menggandeng Harfa (Harapan Duafa), lembaga yang ikut terlibat memperbaiki 20 perahu nelayan.
Selain itu, Kamis juga diluncurkan bantuan permodalan untuk 20 kelompok nelayan, dan penyaluran sembako bagi 400 jiwa serta penanaman 1.000 pohon produktif di wilayah terdampak bencana dan wilayah rentan bencana.
Pada bantuan tahap ketiga ini, bantuan diberikan kepada 1.543 jiwa. Peresmian bantuan permodalan 20 kelompok nelayan tersebut dihadiri pula Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Banten, Ir.H.Wawan Dirman MM.
Peresmian selesainya perbaikan perahu dan penyaluran permodalan untuk 20 kelompok nelayan dilakukan di Kampung, Kalapa Koneng, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigeulis Pandeglang Banten.
Bantuan perbaikan kapal diberikan kepada 143 orang penerima manfaat. Pada peresmian ini, para korban gempa tsunami juga menerima bantuan sembako untuk meringankan kebutuhan hidup mereka. Sebanyak 400 jiwa yang penerima bantuan sembako. Penyerahan dana perbaikan 20 perahu untuk kelompok nelayan diberikan secara simbolis oleh Direktur SOLOPEDULI, Sidik Anshori kepada perwakilan kelompok nelayan.
Salah seorang penerima bantuan sembako, Yuiah (80), mengucapkan terimakasih kepada SOLOPEDULI yang telah membantu korban bencana. “Waktu itu rumah saya diterjabg tsunami, terutama di bagian dapur. Makanya saya senang sekali bisa mendapatkan bantuan sembako ini, Alhamdulillah bisa mencukupiuntuk beberapa bulan ke depan, terimkasih banyak SOLOPEDULI.”
Camat Cigelis, Pandeglang, Banten, Engkos Kosasih juga mengucapkan terimakasih banyak kepada SOLOPEDULI yang telah datang ke Banten untuk membantu warganya. “SOLOPEDULI sudah beberapa kali membantu warga di sini, dan terus peduli dan memberikan manfaat untuk nelayan. Semoga trauma warga bisa terobati, pendidikan dan ekonomi warga disini juga semakin baik,” tutur Engkos.
Direktur Umum SOLOPEDULI, Sidik Anshori mengatakan, penyaluran kali untuk yang ketiga kalinya. “Kami hadir di Banten untuk memberikan bantuan kepada para korban tsunami Desember tahun lalu. Saat ini kami akan launching aktifitas nelayan yang telah kita bantu permodalan, ada 20 kelompok nelayan. Harapan kami dengan permodalan ini, ekonomi di sini bisa segera bangkit serta recoveri pasca bencana bisa cepat selesai.”
Dia berharap berbagai program itu bisa bermanfaat. “Kami mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah mempercayakan donasinya melalui SOLOPEDULI, semoga berkah semua. Kami sudah mengagendakan untuk terus mendampingi program-program pemberdayaan selanjutnya dengan baik dan sesuai dengan yang mereka butuhkan.” (***)

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat