Penguatan Karakter, Siswa SDIT Nurhidayah Diminta Bantu Pekerjaan Rumah

Penguatan Karakter, Siswa SDIT Nurhidayah Diminta Bantu Pekerjaan Rumah

Solo – Sinergi pendidikan antara rumah dan sekolah, antara orang tua dan guru merupakan suatu keharusan dan keniscayaan. Apalagi dalam hal penanaman karakter mulia kepada para siswa. Karena karakter mulia akan terbentuk ketika ada habituasi atau kebiasaan yang diulang-ulang. Baik ketika di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah. Tidak boleh abai antara satu pihak dengan pihak lainnya. Harus ada kerja sama, harus ada komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.

Itulah prinsip dasar yang dianut oleh SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta dalam upaya menanamkan karakter-karakter mulia kepada para peserta didik. Salah satu wujud ikhtiarnya adalah memanfaatkan waktu rehat pasca Penilaian Tengah Semester (PTS) 2. Selama satu pekan (7-13 Maret) para siswa kelas II mendapat penugasan untuk membantu kedua orang tua di rumah. Bentuknya berupa menanamkan tanggung jawab dan kemandirian seperti membersihkan dan merapikan kamar sendiri, mencuci piring, memberi makan ikan, menyapu, mencuci baju, dan lainnya. Selain tentunya tugas pokok belajar, mengaji, dan salat.

“Secara tidak langsung anak-anak diajarkan kemandirian, life skill dan kepekaan. Orang tua juga merasa senang karena terbantu oleh anak-anak yang belajar membantu pekerjaan di rumah.

Eni Widiastuti
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat