“Pemberian Kisi-Kisi Pertanyaan Turunkan Kualitas Debat Capres”

“Pemberian Kisi-Kisi Pertanyaan Turunkan Kualitas Debat Capres”
Analis politik Pangi Syarwi Chaniago (Istimewa/Antara)

JAKARTA, HADILA — Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan pemberian kisi-kisi pertanyaan akan menurunkan kualitas debat Pilpres 2019.

“Justru roh debat itu ada pada daftar pertanyaan. Publik bisa melihat secara rasional kemampuan masing-masing capres menjawab pertanyaan yang dilemparkan moderator atau panelis dalam debat, kalau pertanyaan diberikan akan menurun kualitas debatnya,” ujar Pangi di Jakarta, Senin (7/1/2019) seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Pangi mengatakan publik ingin melihat kemampuan capres dan cawapres dalam menjawab pertanyaan panelis secara alamiah dan cair.

Publik ingin menyaksikan pasangan capres-cawapres mengurai masalah dan menjawab kegelisahan publik atas persoalan yang terjadi.

“Kalau pertanyaan sudah diberikan, akan seperti hapalan, berdampak pada penurunan kualitas debat itu nantinya,” ujar Pangi.

Dia mengatakan secara lazim, debat juga merupakan momentum para kandidat melakukan “perang narasi” melalui program serta kebijakan yang akan dijalankan dalam menyelesaikan masalah bangsa.

Menurutnya, debat yang baik dan berkualitas akan membuka mata pemilih mengambang untuk dapat menentukan pilihannya.

mulyanto
EDITOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat