Panitia Siap Lanjutkan Pembangunan Masjid Sriwedari, Sekda: Mas Wali akan Membantu…

Panitia Siap Lanjutkan Pembangunan Masjid Sriwedari, Sekda: Mas Wali akan Membantu…
Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Dr Achmad Purnomo (lima dari kiri) diserta sejumlah anggota panitia lainnya saat bersilaturahmi ke Sekda Kota Solo Drs Ahyani (empat dari kiri), Senin (5/4/3032)

SOLO, HADILA – Setelah satu tahun berhenti, panitia siap melanjutkan Pembangunan Masjid Sriwedari kembali. Apalagi Walikota Solo Gibran Rakabuming menyatakan akan membantu menyelesaikan pembangunan masjid yang sudah mencapai 81% tersebut.

“Kami tetap bersemangat untuk menuntaskan pembangunan Masjid Sriwedari yang tinggal sedikit ini. Karena itu kami sangat berharap Mas Walikota bisa ikut membantu menyelesaikan masalah yang menjadi masalah utama dalam pembangunan masjid ini,” kata Ketua Umum Panita Pembangunan Masjid Sriwedari, Dr Achmad Purnomo, saat bertemu Sekda Kota Solo, Drs Ahyani, di ruang kerja Sekda, Senin (5/3/2021) sore.

Didampingi sejumlah ketua bidang panitia lainnya, seperti Ir Budi Yulistianto, Ir Gareng Haryanto, Farid Sunarto Drs, Ir Sholihin As’ad, Ir Endah Sitaresmi, Hilmy Saadilah dan lainnya, mantan Wakil Walikota itu berharap segera ada titik terang untuk menlanjutkan pembangunan masjid.

“Mudah-mudahan Mas Wali bisa segera mengupayakan dana CSR dari beberapa perusahaan dan segera cair agar Wika bisa mulai menyelesaikan pembangunan Masjid Sriwedari,” kata Purnomo kepada Ahyani.

Menanggapi hal itu, Sekda Kota Solo Ahyani menyatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Walikota Gibran. “Mas Wali menyatakan akan membantu menyelesaikan masalah pembangunan Masjid Taman Sriwedari ITU. Karena beliau juga sudah paham pada intinya kendalanya ada masalah pembawa masalah, ”kata Ahyani.

Ahyani juga menyampaikan pesan Walikota Gibran bahwa panitia pembangunan yang selama ini sudah bekerka, tidak perlu diganti dengan orang-orang baru. “Mas Wali sudah siap membantu, mudah-mudahan segera ada tindak lanjut.”

Achmad Purnomo pada kesempatan itu juga berharap Walikota Solo bisa meninjau sekaligus bertemu langsung dengan panitia di lokasi pembangunan masjid Sriwedari. “Kami berharap sebelum Romadhon ada waktu untuk bertemu dengan beliau agar bisa langsung kondisi pembangunan masjid yang tinggal sak nil itu,” katanya.

Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta kini mengadakan rapat di area masjid yang telah selesai 81%, Senin (5/4/2021)

Rapat di Masjid

Sebelum bersilaturahmi ke Sekda Kota Solo, Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari mengadakn rapat di lokasi pembangunan masjid. Berbagai hal terkait tindak lanjut pembangunan masjid tersebut. Hal utama yang menjadi masalah utama adalah soal dana pembangunan masjid yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pimpinan proyek dari Wijaya Karya, Wahyu, dalam paparannya menyebutkan bahwa sisa pekerjaan tinggal 14,684% dengan biaya sekitar Rp 24 miliar. Padahal panitia juga belum menyelesaikan pembayaran (piutang) dengan nilai Rp86,5 miliar.

Terkait dengan hal-hal, para peserta rapat agar bisa segera mungkin bersilaturahmi dengan Walikota Solo yang baru. “Sebaiknya memang segera diagendakan untuk sowan walikota,” kata Toyibun, salah seorang panitia.

Hal senada juga disampaikan oleh Helmi Sa’adilah bahwa keberlangsungan pembangunan masjid mau tidak mau, salah satunya, panitia tergantung dari kecekatan Walikota. “Tidak ada salahnya sebagai pengurus melaporkan tentang kondisi dan situasi Masjid Taman Sriedari.”

Sementara itu, Muhammad Sungkar, tokoh masyarakat Solo yang juga anggota panitia yang menyatakan bahwa pada saat Musrenbang dirinya menanyakan perihal pembangunan Masjid Sriwedari ini. “Beliau saat itu tegas menyatakan bahwa MTSS secara hokum sudah tidak ada masalah. Yang menggembirakan beliau menyanggupi kalau dibutuhkan. Jadi kalau kita maju pasti beliau akan membantu, ”kata Sungkar.

Akhirnya, setelah selesai rapat di Masjid Sriwedari, sejumlah panitia menuju ke Balikota untuk menemui Walikota Solo. Sebelumnya, panitia menghubungi ajudan Walikota untuk bisa diagendakan bisa bertemu. Namun Walikota Gibran menghendaki sore itu Panitia bertemu terlebih dahulu dengan Sekretaris Daerah Kota Solo Drs Ahyani. (***)

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos