Orangtua Hebat, Anak juga Hebat

Orangtua Hebat, Anak juga Hebat

Orangtua memegang peranan penting dalam perkembangan perilaku anak. Menjadi orangtua yang baik berarti menjalin hubungan yang baik serta memberi semua cinta yang dimiliki dan semua nilai-nilai positif untuk membuat anak-anak menjadi orang yang bertanggung jawab, sensitif, toleran, ekspresif, dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengembangkan hubungan positif dengan anak.

Pertama, jadilah teladan bagi anak. Anak meniru dan belajar mengenal dunia orang dewasa melalui perilaku orangtua sendiri.

Kedua, selalu tetap tenang. Orangtua tidak mengajarkan apa-apa jika berteriak pada anak. Jangan bereaksi impulsif di depan anak. Tetap lembut, meski tegas. Tahan kemarahan. Luapkan kemarahan di ruangan lain jika perlu.

Ketiga, selalu jelaskan konsekuensi dari perilaku buruk anak. Jelaskan apa yang boleh dan tidak boleh, lalu tanyakan apakah anak sudah mengerti. Hargai perilaku anak yang baik. Seringkali, anak-anak tetap memiliki perilaku buruk karena mereka tidak mengerti bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Ketika anak melakukannya, mereka dapat memilih bagaimana berperilaku dengan mengetahui apa yang akan menjadi konsekuensinya, bagaimana orangtua akan bereaksi, dan kedisiplinan apa yang diberikan. Ini adalah salah satu Parenting Skill yang paling efektif.

Keempat, dorong anak untuk membangun harga dirinya. Katakan padanya dia mampu melakukan sesuatu, tetapi tunjukkan bahwa melakukan kesalahan itu adalah normal. Jangan ajarkan dia untuk mencari kesempurnaan. Perhatikan apa yang dia lakukan, apa yang sulit baginya, dan perhatikan ketika dia sedang berusaha. Jangan memberikan bantuan karena kasihan. Biarkan dia mencoba.

Kelima, cium, peluk, tunjukkan dan ungkapkan cinta tanpa syarat Anda untuk anak Anda. Ada beberapa perilaku anak yang tidak dapat diterima, itu sebabnya orangtua menghukum mereka, tetapi hukuman tersebut tidak pernah mengurangi cinta kita baginya. Sangat penting untuk mengetahui bahwa orangtua mereka mencintai mereka apa adanya.

Banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk membangun sikap positif pada anak. Semoga, hal-hal di atas bisa menjadi permulaan bagi kita untuk belajar menjadi orangtua hebat. Wallahu ‘alam bish-shawab.<>

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat