Menjalankan Bisnis dengan Semangat Sifat Rasulullah

Menjalankan Bisnis dengan Semangat Sifat Rasulullah

HADILA.CO.ID — Nabi Muhammad SAW merupakan manusia paling sempurna yang pernah Allah SWT ciptakan, beliau memiliki sifat yang begitu mulia, bahkan ada beberapa sifat beliau yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya.

Semua perilaku Rasul selalu mencerminkan sifat dan perilaku yang baik bagi umatnya, sehingga beliau dijuluki sebagai tauladan yang baik.

Dalam segala bidang beliau selalu berfikir dan berperilaku baik, apalagi dalam melakukan transaksi perdagangan atau berniaga. Rasul selalu menerapkan sifat wajibnya yaitu :

  1. Siddiq
  2. Amanah
  3. Fathonah
  4. Tabligh

Dengan menerapkan keagungan sifat Rasulullah yang wajib diikuti oleh semua umatnya di penjuru dunia, Insya Allah kita akan dimudahkan dalam segala kesulitan, terutama persoalan bisnis.

Adapun dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi bersabda “Pedagang yang senantiasa jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur, dan orang-orang yang mati syahid.” (HR. Tirmidzi, Kitab Al-Buyu’ Bab Ma Ja-a Fit Tijaroti No. 1130)

Maka dari itu, mari terapkan sifat-sifat Rasul Allah SWT dalam menjalankan bisnis kita

Penerapan Sifat Siddiq (Jujur)

Dalam berdagang Nabi Muhammad SAW selalu memberikan kejujuran terhadap produk yang beliau jual.

Beliau selalu menjelaskan kondisi produk yang sesuai dengan kenyataan, jika produk itu baik beliau jelaskan baik. Namun jika produk itu memiliki cacat, tanpa ditanya beliau akan menjelaskan kekurangan dari produk itu.

Hal ini perlu kita terapkan didalam kehidupan bisnis kita, karena bisnis yang baik itu untuk jangka panjang, berikan pelayanan terbaik dan tidak ada yang dikecewakan

Penerapan Sifat Amanah (Dapat Dipercaya)

Nabi Muhammad merupakan pebisnis yang sangat amanah, keputusan beliau sangat dapat dipercaya.

Saat menjadi pedagang beliau tidak pernah mengambil apa yang bukan miliknya, dan saat beliau bekerja kepada atasan, beliau tidak pernah berbohong atas keuntungan yang beliau dapat dengan laporan ke atasan.

Jadi bagi anda yang berdagang coba mulai menjalankan sifat yang dapat dipercaya ini, terutama anda yang menjadi makelar, jangan membawa kabur uang konsumen.

Dan bagi anda karyawan perusahaan jangan pernah membohongi perusahaan anda, apalagi karena urusan pribadi anda.

Penerapan Sifat Fathonah (Cerdas)

Jadi lah pebisnis yang cerdas, banyaklah belajar agar anda memilik banyak wawasan untuk menciptakan inovasi dan kreasi baru di bisnis anda.

Dengan sifat ini anda dapat mengembangkan usaha anda dengan baik, dan mampu bersaing dengan mereka yang mungkin menggunakan cara kotor.

Untuk anda yang bekerja sebagai marketing, sifat cerdas ini sangat dibutuhkan, dengan banyak ide cemerlang anda akan memiliki berbagai ide dalam promosi dan mampu meningkatkan profit perusahaan anda.

Penerapan Sifat Tabligh (Menyampaikan)

Bagi anda pebisnis atau marketer, anda harus memiliki sifat yang komunikatif, sifat ini sangat dibutuhkan bagi anda dalam penyampaian produk kepada konsumen.

Sampaikanlah detail dari produk anda, sistem transaksi dan manfaat produk anda tanpa meninggalkan kejujuran.

Dengan bahasa yang sopan dan santun, dengan etika yang baik dalam berbicara dan promosi Insya Allah anda akan dimudahkan dalam penyampaian terhadap konsumen.

Selain menerapkan sifat Rasul diatas sebaiknya anda mempelajari jenis bisnis sesuai syariat Islam.

Karena akhir-akhir ini banyak bermunculan bisnis yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Dengan menerapkan sifat Rasul tersebut semoga anda bisa menjadi pengusaha yang sukes di Dunia dan di Akhirat kelak.

Berita Lainnya

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos