Mengobati Amandel Secara Alami dengan Tanaman Saga

Mengobati Amandel Secara Alami dengan Tanaman Saga
Sumber gambar: tanamanobat.online

Hadila.co.idAmandel atau tonsilitis adalah peradangan pada tonsil sehingga menyebabkan terjadinya bengkak, kemerahan, dan terlihat bintik-bintik putih di permukaannya. Cara mengobati amandel pun beragam, bisa dengan pengobatan medis atau secara alami dengan bahan herbal.

Tonsil sebenarnya adalah dua buah kelenjar getah bening di kedua sisi belakang tenggorokan. Sedang amandel adalah respons dari kekebalan tubuh terhadap adanya infeksi dari luar yang masuk ke dalam tubuh.

Infeksi tersebut mengakibatkan pembengkakan pada faring (hulu kerongkongan); ditemukannya eksudat (campuran serum, sel, atau sel yang rusak yang keluar dari pembuluh darah ke dalam jaringan) berwarna putih keabuan pada tonsil sehingga menyebabkan timbulnya sakit tenggorokan, nyeri telan, demam tinggi serta bau mulut. Hal tersebut yang disebut tonsilitis (amandel).

Penyebab tonsilitis bermacam-macam, beberapa di antaranya yang umum adalah: streptokokus beta hemolitikus, streptokokus viridans, streptokokus piogenes, virus influenza, dan lain-lain.

Bakteri atau virus dari luar tubuh yang  masuk dalam saluran pernapasan bagian atas akan menyebabkan infeksi pada hidung hingga bagian dalam, kemudian menyebar melalui sistem limfa ke tonsil.

Adanya bakteri dan virus patogen penyebab penyakit pada tonsil tersebut menyebabkan terjadinya proses peradangan dan infeksi. Akibatnya, tonsil membesar dan dapat menghambat keluar-masuknya udara sehingga akan mengganggu sistem pernapasan.

Dalam perawatan kesehatan keluarga menggunakan bahan alami (herbal) dapat menggunakan tanaman obat keluarga (Toga). Salah satu herbal yang berfungsi untuk mengobati amandel adalah tanaman saga (abrus precatorius).

Ibnu
AUTHOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat