Mengenal Dunia Legislatif Kampus Lewat Diskusi Aspiratif

Mengenal Dunia Legislatif Kampus Lewat Diskusi Aspiratif

SUKOHARJO — Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (SEMA FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta kembali menyelenggarakan kegiatan diskusi aspiratif dan training legislatif dengan tema “Menciptakan Legislator Muda Berwawasan Demokratis, Solutif, dan Aspiratif”. Kegiatan ini berlangsung di Aula Pascasarjana IAIN Surakarta, Senin (29/10).

Ketua SEMA FEBI 2018, Dian Indriyanto, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang yang bertujuan untuk mengenalkan dunia legislatif kepada para mahasiswa, beserta cara untuk menyuarakan aspirasinya. “Sebenarnya ada 3 pembicara spesial yang hendak kami hadirkan pada kesempatan hari ini. Tapi ‘ala kulli hal, Mas Ulumudin, Ketua SEMA Universitas Dipenogoro 2018, belum bisa hadir karena ada agenda mendadak. Jadi hanya ada 2 pembicara yang bisa hadir, Mas Gilar H. Duta dan Mas Elvan Ardi,” ujarnya.

Kegiatan pada sesi pertama adalah Diksusi Aspiratif yang dimulai sejak pukul 09.00 sampai 11.30 WIB dengan dipandu oleh Gilar H Duta, Ketua DEMA UNS 2018, yang sekaligus menjabat sebagai Koordinator Wilayah FL2MI Jawa Tengah 2018.

Gilar menyampaikan bahwa ada lembaga khusus yang menaungi lembaga legislatif mahasiswa di Indonesia yaitu Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI). “FL2MI lahir pada 2003 di IPB, ketika itu ada kegelisahan dari para legislator mahasiswa kenapa tidak ada wadah untuk menaungi lembaga legislatif mahasiswa, baik dari tingkat daerah ataupun nasional. Pada 2004, di deklarasikan F2LMI untuk pertama kalinya di Universitas Syiah Kuala Aceh. Setelah itu, vakum lama sampai 2007. Kemudian mulai dihidupkan kembali pada 2008,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa FL2MI Jawa Tengah saat ini memiliki 19 anggota yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Jawa Tengah.

Selanjutnya, sesi kedua, Training Legislatif dimulai sejak pukul 11.30 sampai 13.00 WIB dengan dipandu oleh Elvan Ardi selaku Ketua DPM KM Universitas Negeri Semarang 2018, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi 2 FL2MI Jateng 2018. Elvan menyampaikan bahwa hukum akan sangat menentukan dalam pelaksanaan kenegaraan dan pemerintahan, sebab segala sesuatu harus senantiasa berdasarkan hukum.

“DPR memiliki fungsi sebagai legislasi dan anggaran yang dilakukan bersama Eksekutif, serta fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Legislatif terhadap Eksekutif. Sama dengan fungsi DPM (Dewan Perwakilan Mahasiwa), hanya saja fungsi penyusunan anggaran mahasiwa dipegang oleh rektorat, bukan DPM,” terang Elvan.

Redaksi
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

WhatsApp chat